EmitenNews.com - Persatuan Penyedia Infrastruktur Telekomunikasi Malaysia (PPIT), asosiasi penyedia infrastruktur telekomunikasi Malaysia, dan asosiasi infrastruktur dan pengembangan menara telekomunikasi di Indonesia, Asosiasi Pengembang Infrastruktur dan Menara Telekomunikasi (Aspimtel), meneken Memorandum of Understanding (MoU) pertukaran informasi lintas negara, dan membangun diskusi antar-negara.


Fahmi Fadzil, Menteri Komunikasi dan Digital Malaysia, menyaksikan pertukaran dokumen MoU Muniff Kamaruddin Presiden PPIT dan Chief Executive Officer EdgePoint Towers Sdn Bhd, dan Hastining Bagyo Astuti Direktur Operasi & Pembangunan Dayamitra Telekomunikasi (MTEL) mewakili Theodorus Ardi Hartoko, Ketua Umum Aspimtel, dan Presiden Direktur Dayamitra Telekomunikasi. 


MoU itu, akan memfasilitasi pertukaran informasi antara kedua asosiasi dalam peta jalan teknologi seperti densifikasi 4G dan 5G, desain infrastruktur telekomunikasi inovatif, proses, konektivitas pedesaan, dan banyak lagi. Itu menandai kolaborasi pertama antara Malaysia dan Indonesia melambangkan kebersamaan dalam melangkah maju untuk mendorong kemajuan digital kawasan.


”PPIT dan Aspimtel memiliki tujuan sama, memperkuat infrastruktur digital dan mendorong inklusi digital negara masing-masing. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Aspimtel untuk lebih mengembangkan pengetahuan, proses, dan praktik infrastruktur kami, sekaligus meningkatkan hubungan Malaysia-Indonesia,” tutur Muniff Kamaruddin, Presiden PPIT dan Chief Executive Officer EdgePoint Towers Sdn Bhd.


Theodorus Ardi Hartoko, Ketua Aspimtel dan Presiden Direktur Dayamitra Telekomunikasi menambahkan sebagai bagian dari kawasan sama, Asia Tenggara khususnya dan Asia umumnya, kolaborasi dan kerja sama untuk memperkuat infrastruktur digital, dan mendorong inklusi digital ini sangat baik, dan ditunggu- tunggu. ”Kolaborasi ini otomatis akan mendorong pertumbuhan digital, dan perkembangan infrastruktur telekomunikasi negara masing-masing. Kami berharap kerja sama ini dapat dilakukan secara konsisten dalam jangka panjang,” harap Theodorus. 


Menyusul teken MoU itu, PPIT dan ASPIMTEL memperkuat komitmen negara masing- masing untuk berbagi pengetahuan inovatif, dan praktik terbaik. Menandai era baru kemitraan antara Malaysia, dan Indonesia untuk meningkatkan inklusi digital kawasan. (*)