EmitenNews.com - Metrodata Electronics (MTDL) meneken Memorandum of Understanding (MoU) dengan FPT Information System (FPT IS), perusahaan digital transformation Vietnam. Itu dilakukan untuk mengeksplorasi kemungkinan bersinergi dalam pembangunan solusi Digital Transformation kelas dunia, didukung solusi Cloud, Data, dan Artificial Intelligence, guna menangkap peluang digital Indonesia terus berkembang. 

Inisiatif itu, menandai langkah penting menuju peningkatan kerja sama antara bisnis kedua negara, khususnya dalam memajukan pengembangan teknologi digital, terutama bidang Artificial Intelligence. Tujuan kolaborasi itu, mempersiapkan negara untuk tidak hanya memanfaatkan teknologi sebagai pengguna, tetapi juga melampaui peran konvensional sebagai pengguna teknologi, mengembangkan kapasitas dalam berkreasi dan berinovasi. 

Tokoh-tokoh penting hadir dalam upacara penandatanganan pada 13 Januari 2024, yaitu Mr. Tran Dang Hoa, Chairman FPT IS, Susanto Djaja, Presiden Direktur Metrodata Electronics, bersama para pemimpin senior dari kedua organisasi. MoU itu merinci fokus kerja sama pada pengembangan, dan penerapan solusi digital transformation berbasis teknologi terdepan seperti Cloud Computing, Data, dan Artificial Intelligence

Kolaborasi itu, berpotensi melibatkan berbagai area kritis: Pengembangan pasar untuk aplikasi dan solusi digital transformation disesuaikan wilayah Indonesia, bertujuan untuk transformasi hijau, dan akselerasi digital. Inisiatif pendidikan akan fokus pada pengembangan bakat profesional, khususnya pada bidang data science, machine learning, dan pemrograman Artificial Intelligence.

Pembentukan platform infrastruktur Artificial Intelligence yang tangguh akan mencakup teknologi Cloud dan GPU. Pembuatan model Machine Learning dan aplikasi Artificial Intelligence yang inovatif. FPT IS dan Metrodata berkomitmen memanfaatkan sumber daya, dan keahlian maksimal mereka untuk secara efektif berinvestasi, dan mendukung kemungkinan membentuk usaha patungan dalam waktu dekat. Tujuannya menjadi penyedia solusi digital transformation terkemuka Indonesia, memenuhi standar internasional, dalam waktu lima tahun ke depan. 

Susanto Djaja, Presiden Direktur Metrodata, mengatakan, kerja sama itu menandai tonggak penting Metrodata Electronics menindaklanjuti peluang kemitraan strategis dengan FPT IS. ”Kami akan bersama-sama fokus mempromosikan aplikasi berbasis Artificial Intelligence guna meningkatkan produktivitas dan mempercepat kemajuan menuju pencapaian tujuan 'Visi Indonesia 2045’,” tegas Susanto. 

Tindakan strategis itu, sejalan komitmen perseroan untuk menjadikan teknologi sebagai mesin pertumbuhan, dan mercusuar bagi pembangunan ekonomi digital berkelanjutan Indonesia. ”Kita dapat melihat dengan jelas ekonomi digital Indonesia menawarkan banyak peluang, dan prospek, dengan proyeksi mencapai USD1,5 triliun, menyumbang 14 persen dari PDB. Terutama, infrastruktur Cloud dan peluang terkait Artificial Intelligence diharapkan akan berlipat ganda setiap lima tahun. Daya saing digital Indonesia telah meningkat drastis selama bertahun-tahun, terutama selama pandemi Covid-19, memberikan kesempatan bagi perusahaan teknologi seperti FPT IS dan Metrodata untuk berkontribusi dalam mempercepat pemulihan ekonomi,” imbuhnya. 

Mr. Tran Dang Hoa, Chairman of FPT IS, menekankan kolaborasi akan menjadi pondasi penting bagi kedua entitas untuk memanfaatkan potensi internal, mengembangkan produk, dan layanan teknologi, mencapai status kelas dunia, dan menciptakan keuntungan pertumbuhan signifikan bagi bisnis. 

Sebagai penekanan lebih lanjut terhadap pengalaman 30 tahun, FPT IS dalam mendukung perkembangan ekonomi Vietnam dan regional, Mr. Hoa menyoroti keselarasan dengan perubahan signifikan dalam ekosistem teknologi yang dikembangkan FPT IS, berbasis pada teknologi inti: Artificial Intelligence, Data, Cloud, Blockchain, dan lain-lain. Kolaborasi dengan Metrodata untuk membawa produk-produk kompetitif ke pasar internasional. 

Pada acara itu, para pemimpin FPT dan Metrodata berpartisipasi dalam dialog tingkat tinggi selama kunjungan kenegaraan Presiden Indonesia Joko Widodo ke Vietnam pada 11-13 Januari 2024. Kolaborasi antara FPT IS dan Metrodata, menekankan peran perusahaan secara efektif untuk mempromosikan kerja sama strategis antara kedua negara dalam digital and green transformations. Kontribusi itu, untuk membentuk perjalanan kerja sama kuat, dan berkelanjutan di masa depan. (*)