EmitenNews.com - PT Bank Tabungan Negara (BBTN) mengucuri kredit korporasi Bumi Serpong Damai (BSDE) senilai Rp2 triliun. Fasilitas kredit  tersebut merupakan term loan dengan tenor 84 bulan. Kerja sama itu, akan memberi manfaat secara luas.


Kedua pihak bersinergi membangun sektor properti di tengah guncangan pandemi dua tahun terakhir. ”Sebagai bank dengan fokus utama sektor perumahan, kami mendukung para stakeholder properti termasuk pengembang seperti BUmi Serpong Damai untuk tetap ekspansif selama pemulihan ekonomi. Kami optimistis fasilitas kredit itu, akan lebih ekspansif membangun proyek properti bermutu,” tutur Nixon LP Napitupulu, Wakil Direktur Utama Bank BTN, Senin (25/10).


Bumi Serpong Damai, perusahaan terbuka tergabung dalam Sinarmas Grup, dan telah berpengalaman lebih dari 37 tahun bidang properti dengan aset, ekuitas, land bank, dan operating cash flow terbesar Indonesia. Saat ini, Sinarmas Group telah mendapat plafon kredit BTN Rp3,5 triliun. ”Kami merangkul seluruh pengembang Indonesia, baik perumahan subsidi atau nonsubsidi untuk bersama-sama membangun ekosistem perumahan Indonesia sesuai visi Bank BTN menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia pada 2025,” ucap Nixon. 


Untuk mencapai target itu, Bank BTN memperluas penyaluran kredit tidak hanya segmen kredit konsumer tapi juga selektif mengucurkan kredit korporasi ke perusahaan yang prospektif, dan relevan dengan bisnis utama Bank BTN. Berdasar catatan, periode Januari-September 2021, Bank BTN telah menyalurkan kredit korporasi senilai Rp4,70 triliun. ”Kredit korporasi telah kami salurkan ke beberapa segmen dengan mayoritas infrastruktur, high rise building, dan landed house," ulas Nixon.


Pemberian kredit korporasi itu, menunjukkan eksistensi Bank BTN dalam menjalankan fungsi intermediasi. Bank BTN memproyeksi penyaluran kredit korporasi hingga akhir tahun ini sekitar Rp11 triliun. Selain penyaluran kredit korporasi dengan Bumi Serpong Damai, pada kesempatan sama, Bank BTN juga meneken perjanjian kerja sama layanan perbankan. 


Penandatanganan akad kredit itu, melibatkan Wakil Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu, dan Direktur Bumi Serpong Damai Lie Jani Harjanto. BTN berharap dapat menjadi mitra Utama Bumi Serpong Damai untuk menyediakan produk, layanan perbankan lengkap, dan komprehensif. Layanan perbankan itu, meliputi BTN Solusi, KPR, cash management, dan sebagainya. (*)