EmitenNews.com - Bank Tabungan Negara (BBTN) mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menjadikan Jakarta sebagai destinasi kota wisata olahraga dunia. Salah satunya dengan menggelar event lari marathon terbesar Indonesia bertajuk "BTN Jakarta Run 2023. Acara berlangsung pada 12 November 2023 dengan start dan finish Balai Kota Jakarta. 


Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu menjelaskan, BTN Jakarta Run 2023 merupakan wajah baru event marathon internasional yang diselenggarakan untuk mendukung Sport Tourism di Jakarta. “BTN Jakarta Run ini hadir sebagai wajah baru event marathon internasional di Jakarta. Saya berharap para pelari dapat menyalurkan hobi, dan prestasi. Saya juga berharap kegiatan ini memberi manfaat, dampak positif bagi masyarakat, dan mendongkrak kunjungan pariwisata Jakarta,” harap Nixon dalam sambutannya pada acara 42K Dress Rehearsal, di Gate 6, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (8/10/2023). 


Acara 42K Dress Rehearsal digelar sebagai persiapan jelang BTN Jakarta Run 2023. Acara tersebut diramaikan dengan serangkaian kegiatan. Misalnya, berlari bersama komunitas sejauh 9 kilometer dipandu Pacer, Treadmill Challenge, ngobrol santai seputar BTN Jakarta Run 2023, dan ditutup pembagian 1.000 bibit tanaman kepada peserta CFD.


PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan Pemprov DKI Jakarta sangat mendukung pelaksanaan event BTN Jakarta Run 2023. Heru berharap, kegiatan ini bisa menjadi contoh untuk kegiatan olahraga lari lainnya agar dapat memajukan Sport Tourism di wilayah DKI Jakarta yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terutama bagi roda perekonomian masyarakat.


”Kami siap mendukung kegiatan BTN Jakarta Run secara penuh. Persiapkan dengan sebaik mungkin. Jadikan kegiatan ini bermanfaat, positif bagi masyarakat, dan menjadi contoh kegiatan-kegiatan olahraga lari lainnya. Saya berharap kegiatan ini memajukan Sport Tourism DKI Jakarta, dan berkontribusi positif  terutama bagi roda perekonomian masyarakat,” tegas Heru. 


Sekjen PB PASI Tigor Tanjung menyambut positif kegiatan BTN Jakarta RUN 2023. Tigor berharap, ajang BTN Jakarta Run 2023 melahirkan bibit-bibit pelari atlet potensial. Mampu bersaing di kancah Internasional. “Kami sangat mendukung, dan mengapresiasi positif kegiatan ini. BTN Jakarta Run 2023 berpotensi melahirkan bibit-bibit atlet khususnya cabang olahraga lari. Sehingga Indonesia mempunyai banyak atlet-atlet berkualitas nantinya akan bersaing di kancah Internasional,” ucap Tigor. 


Race Director BTN Jakarta Run 2023 Satrio Guardian menjelaskan ada 4 jarak dapat dipilih dalam kegiatan BTN Jakarta Run 2023. Yaitu, 5K, 10K, Half marathon, dan Marathon. Rute akan ditempuh peserta BTN Jakarta Run 2023 melewati bangunan-bangunan ikon Kota Jakarta seperti Monas, Bundaran Hotel Indonesia, dan Jalan Jendral Sudirman. Hingga hari ini panitia mencatat sudah ada 9.000 lebih pendaftar, dan registrasi akan ditutup pada 28 Oktober 2023. (*)