EmitenNews.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BTN) telah menerapkan Artificial Intelligence (AI) dalam bisnisnya. Penerapan itu dilakukan lewat pemberdayaan teknologi Big Data dan Machine Learning secara komprehensif.

BTN juga sudah menggunakan teknologi berbasis AI untuk mendorong pertumbuhan bisnis hingga manajemen risiko seperti menjaga agar kolektibilitas nasabah tetap lancar selama menjadi nasabah BTN.


Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan perusahaan juga mengembangkan segmentasi pelanggannya untuk menjangkau potensi pasar yang lebih luas.

"Dengan transformasi digital yang dilakukan, BTN berharap untuk menjadi lebih terhubung dengan pelanggan, menghadirkan layanan yang lebih personal, dan merangkul perubahan menuju dunia digital," kata Nixon dalam keterangan tertulis, beberapa waktu lalu.

 

Dia menjelaskan penerapan AI ini menjadi salah satu perjalanan transformasi IT, khususnya Big Data, yang merupakan rangkaian strategi BTN menuju Advanced AI-Data Driven, yang juga disertai dengan pembaharuan dan implementasi teknologi terkini untuk ekosistem Big Data. Hal itu diungkapkan olehnya di Jakarta, beberapa waktu lalu.