EmitenNews.com - PT Bank INA Perdana Tbk (BINA), yang lebih dikenal sebagai Bank INA, telah secara resmi menjalin kemitraan dengan PT Mitra Pedagang Indonesia Tbk (MPIX), yang dikenal sebagai MPStore, untuk memperkuat dan mempercepat pertumbuhan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Melalui platform digitalnya, Bank INA Digital, Bank INA akan bekerja sama dengan MPStore, sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada pemberdayaan UMKM.

Kolaborasi ini mencakup implementasi layanan Bank INA Digital di lebih dari 650 ribu mitra MPStore di seluruh Indonesia, termasuk berbagai jenis mitra seperti toko grosir, toko kelontong, biro pulsa, dan berbagai usaha UMKM lainnya.

Sejak peluncuran Bank INA Digital pada Agustus 2023, Bank INA berkomitmen untuk terus meningkatkan jumlah nasabah dengan menjalin berbagai kerja sama, terutama dengan ekosistem UMKM di Indonesia.

“Kerja sama ini memberikan keuntungan bagi para mitra maupun para pembeli, dengan terbukanya kesempatan menambah akses keuangan dan potensi pendapatan melalui penyediaan layanan Laku Pandai.” kata Wakil Direktur Utama BINA, Yulius Purnama Junaedi, dalam keterangan resminya, Selasa (6/2).

Selain itu, mitra juga akan dibekali kode referral yang dapat digunakan pelanggan untuk membuka rekening tabungan digital Bank INA.

"Ada juga layanan yang memungkinkan para mitra untuk menyediakan opsi transaksi dan pembayaran tagihan sehari-hari. Seluruh transaksi yang dilakukan secara langsung di mitra, turut menyumbangkan pendapatan bagi setiap mitra yang melakukannya," kata Yulius.

Dia melanjutkan bahwa bagi para pembeli, akan dimudahkan untuk mendapatkan akses membuka tabungan digital di Bank INA tanpa harus datang ke kantor cabang.

Pembukaan tabungan  dapat dilakukan secara langsung di mitra MPStore, di mana tabungan digital ini menawarkan berbagai kemudahan, seperti bebas minimum setoran awal, bebas biaya admin, dan bebas minimum saldo.

Tabungan digital ini juga dilengkapi dengan bunga simpanan hingga empat persen, serta kemudahan untuk membayar tagihan dan transaksi belanja. 

"Kami menyambut baik kerja sama ini. Sebagai sebuah layanan perbankan digital, kolaborasi ini menjadi sebuah lompatan besar untuk implementasi digitalisasi bagi merchant UMKM milik MPStore," ujar Direktur Utama MPIX, Abdul Muidz, dalam kesempatan yang sama.

Menurut Abdul, kerja sama ini diyakini akan memiliki dampak positif yang signifikan terhadap upaya percepatan pertumbuhan bisnis sektor UMKM di Indonesia.

Sampai saat ini, MPStore telah menyediakan beragam layanan online untuk pedagang grosir dan ritel, termasuk solusi teknologi untuk pencarian produk, pengelolaan penjualan dan pembelian, serta layanan logistik dan pembayaran.

Sejak berdiri pada tahun 2019, MPStore berhasil menghubungkan ratusan ribu pelaku bisnis UMKM di berbagai kota di Indonesia.

Tahap awal kerja sama akan difokuskan di daerah Jawa Timur dan Jawa Barat, dengan rencana ekspansi ke wilayah lain di seluruh Indonesia di masa mendatang.o