EmitenNews.com - Kementerian Perdagangan siap memfasilitasi pelatihan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar dapat menjual produknya dengan memanfaatkan platform digital. Para pelaku UMKM akan mendapatkan pelatihan secara gratis tentang berbagai pengetahuan berkaitan dengan digitalisasi.

 

Dalam keterangannya yang dikutip Sabtu (14/10/2023), Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan pihaknya akan mempertemukan para pedagang, dan pelaku UMKM dengan pihak platform digital, selain para ahli.


"Kemendag melatih pedagang pasar juga pengusaha UMKM. Kita latih, kita pertemukan nanti dengan pihak platform digital untuk dilatih," ujar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan setelah meninjau pedagang di Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat pada Jumat.

 

Para pelaku UMKM akan mendapatkan pelatihan secara gratis mengenai cara menjual produk di platform digital hingga teknik mengemas dan menampilkan produk agar lebih menarik minat konsumen.

 

Menurut Mendag Zulhas, keputusan platform e-commerce yang menyesuaikan operasional bisnisnya setelah penerbitan Permendag Nomor 31 Tahun 2023 dapat dimanfaatkan sebagai peluang bagi pelaku UMKM untuk mulai berjualan secara daring.

 

"Ini peluang untuk usaha lokal UMKM dan industri dalam negeri, makanya toko-toko juga memanfaatkan platform digital dengan baik," ujar Ketua Umum PAN tersebut. ***