EmitenNews.com - Tiga anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), yaitu; PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo), PT Iforte  Solusi Ifotek (Iforte), dan PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR) memperoleh pinjaman senilai total Rp2 triliun dari PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) pada tanggal 30 Mei 2024.

“Tujuan pinjaman adalah untuk pembiayaan korporasi secara umum termasuk tidak terbatas pada pembiayaan kembali obligasi dan pinjaman bank lainnya,” sebut Monalisa Irawan, Sekretaris Perusahaan TOWR dalam keterangan resmi Selasa (04/6).

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa pinjaman tersebut terdiri atas Tranche A senilai Rp1,5 triliun disediakan untuk Protelindo.

Adapun Tranche B sebesar Rp500 miliar tersedia untuk Iforte. Pinjaman ini memiliki tenor dua tahun.

 

Sehubungan dengan pinjaman tersebut, Protelindo dan Iforte bertanggung jawab secara tanggung renteng terhadap pelaksanaan seluruh kewajiban berdasarkan perjanjian kredit dan penanggungan perusahaan.

Sementara itu, SUPR akan menjamin kewajiban Protelindo dan Iforte terkait dengan perjanjian kredit dan penanggungan Perusahaan.

Adapun transaksi ini, tidak berdampak material terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, dan kelangsungan usaha TOWR.

“Transaksi ini merupakan transaksi afiliasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) huruf b angka 2 Peraturan OJK No. 42 Tahun 2020 tentang Transaksi Afiliasi dan Transaksi Benturan Kepentingan (POJK 42), yaitu transaksi sesama Perusahaan Terkendali yang sahamnya dimiliki paling sedikit 99% oleh Perusahaan,” jelas Monalisa. 

 

Diketahui, Protelindo  dan Iforte, keduanya adalah anak perusahaan TOWR dengan kepemilikan 99,99% saham. TOWR juga menguasai 99,96% saham SUPR.