EmitenNews.com - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) telah menyiapkan dana tunai sebesar Rp39,44 triliun untuk memastikan bahwa kebutuhan tunai nasabah tercukupi menjelang dan sesudah hari raya Idul Fitri 2024. 

Dana tersebut akan dialokasikan selama 19 hari kalender, dimulai dari 1 April 2024 hingga 19 April 2024. Ramon Armando, Selaku Sekretaris Perusahaan BBTN, menyatakan bahwa selain peningkatan alokasi uang tunai untuk periode menjelang dan sesudah hari raya Idul Fitri 2024, BTN juga telah memperbarui layanan BTN Mobile untuk memenuhi dan mempermudah transaksi perbankan para nasabah. 

Ramon menambahkan bahwa peningkatan alokasi dana ini disesuaikan dengan proyeksi peningkatan volume transaksi masyarakat selama hari raya Idul Fitri 2024. Secara khusus, peningkatan alokasi dana tunai ini mencapai 1,3 kali lipat dari kas harian normal saat ini, yang berada pada angka Rp2,07 triliun.

“Kami terus berupaya agar nasabah BTN dapat bertransaksi dengan nyaman dan aman selama perayaan Idul Fitri 2024,” kata Ramon dalam keterangannya, Rabu (27/3).

Ramon menjelaskan bahwa perseroan akan mengalokasikan 30 persen dari total dana, atau sekitar Rp11.83 triliun, untuk mengisi mesin ATM BTN yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara itu, sekitar 70 persen dari total dana, atau senilai Rp27,61 triliun, akan dialokasikan untuk kebutuhan kas di seluruh gerai BTN. Hingga akhir tahun 2023, BTN memiliki 727 gerai konvensional dan syariah, serta 2.115 mesin ATM dan CRM (Cash Recycling Machine) yang tersebar di seluruh Indonesia. Ramon juga menyatakan bahwa selama periode libur panjang Idul Fitri yang telah ditetapkan oleh pemerintah, BBTN akan menjalankan operasionalnya dengan keterbatasan di sejumlah jaringan kantor perseroan. Pembatasan operasional ini bertujuan untuk tetap memenuhi kebutuhan nasabah akan layanan perbankan. Terkait transaksi elektronik, Ramon menambahkan bahwa nasabah dapat dengan mudah mengambil uang tunai tanpa kartu melalui aplikasi BTN Mobile.

Sejumlah fitur lainnya yang juga ditawarkan BTN Mobile di antaranya yaitu; layanan transaksi pembayaran utilitas publik seperti listrik, air, telepon, serta pembayaran berbagai pajak, termasuk pajak kendaraan dan pajak daerah.

Nasabah juga dapat menggunakan BTN Mobile untuk pembayaran cicilan pinjaman, tagihan internet atau TV berlangganan, serta pembelian pulsa, tiket pesawat, kereta api regular, dan kereta cepat.

“Aplikasi BTN Mobile memiliki layanan dan fitur lengkap yang terhubung dengan ekosistem perumahan, sehingga masyarakat dapat tetap bertransaksi dan mengakses informasi terkait KPR serta perumahan selama periode libur Idul Fitri.” ujar Ramon.