EmitenNews.com - "Mohon doanya. Bismillah." Begitu Raffi “Sultan Andara” Ahmad menulis di akun Instagram, Minggu (28/3/2021). Pada unggahan teranyarnya itu, pemilik RANS Entertainment ini, menunjukkan fotonya bersama tiga orang sembari memegang map berwarna krem berlambang dan bertuliskan Cilegon United FC. Itu isyarat resmi, presenter kondang ini, sudah membeli klub sepakbola Liga 2 asal Cilegon, Banten tersebut.

 

Tiga orang yang ada di kanan dan kiri Raffi Ahmad adalah Presiden klub Cilegon United, Yudi Aprianto; pengusaha yang juga Direktur Renault Indonesia, Rudy Salim; dan Wakil Direktur Utama Garuda Indonesia, Donny Oskaria.

 

Sebagai selebritas dengan penggemar bejibun, tidak heran jika unggahan itu disukai oleh ratusan ribu akun dan dikomentari pua oleh ribuan pengguna Instagram. Salah satunya bintang Bhayangkara Solo FC, Andik Vermansah, pemain asal Surabaya yang pernah merumput pada klub sepakbola di Negeri Jiran, Malaysia. "Sukses Aa," tulis Andik disertai emoticon tanda hati.

 

Meski tak mengiyakan dengan gamblang, tetapi perwakilan manajemen Cilegon United tidak menampik kabar Raffi akan mengakuisisi klub berjuluk The Volcano itu. Isunya, Cilegon United dilepas karena mengalami masalah keuangan usai terbelit kasus suap yang juga melibatkan Wali Kota Cilegon kala itu, Tb Iman Ariyadi. Kepada pers, di Cilegon, Minggu, tim manajemen Cilegon United, Hendry Afrianto, mengungkapkan, klub kesulitan finansial. “Ya, udah enggak ada dana lagi. Semenjak kejadian, selama itu, pak Yudi sendiri. Sampai jual aset, rumah, mobil, untuk berjalannya CU di Liga 2."

 

Tetapi, Hendry tetap enggan berkomentar banyak mengenai pembelian tersebut, dan masuknya Raffi Ahmad sebagai pemilik baru CU. Namun, dia bilang selalu mengikuti pertemuan dan proses pembelian Cilegon United dengan berbagai pihak, termasuk Raffi. Raffi Ahmad terpilih menjadi kandidat terkuat pembeli Cilegon United setelah berkomunikasi langsung dan tidak melalui calo klub. Hendry bercerita, dia sempat bertemu 10 calon pembeli yang seluruhnya broker klub sepak bola. 

 

Agar semuanya menjadi lebih jelas, menurut Hendry, kepastian Raffi sebagai pemilik baru Cilegon United akan diketahui lebih lanjut. Pihak Cilegon United dan Raffi direncanakan menggelar konferensi pers terkait pergantian kepemilikan pada Rabu (31/3/2021). "Nanti Rabu diinformasikan, kita akan berikan rilis mengenai pemilik."

 

Cilegon United yang didirikan pada 21 November 2012, kini berlatih di Stadion Krakatau Steel, Cilegon, Banten. Cilegon United Football Club ini berada dalam naungan PT Cilegon Putra Mandala dengan pelatih Bambang Nurdiansyah, eks pemain top tim nasional Indonesia. Saat baru berdiri, klub sepak bola Cilegon United menjuarai Divisi III Liga Indonesia 2012 Zona Banten. Karena itu, mendapat promosi ke Divisi Dua Liga Indonesia. Pada 2019 menduduki peringkat ketujuh di wilayah barat.

 

Raffi Ahmad bakal menambah daftar para pesohor yang turut membeli saham klub sepak bola. Di luar Sultan Andara --julukan Raffi karena menguasai hampir setengah kompleks perumahannya di Jalan Andara Jakarta Selatan, sejumlah pesohor diketahui  sudah memiliki saham, atau tercatat sebagai pemilik klub sepakbola. Yang terbaru, putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep yang menjadi pemilik mayoritas (40 persen) saham Persis Solo. 

 

Sebelumnya, ada Erick Thohir yang juga memiliki 20 persen saham di Persis Solo.  Menteri BUMN ini, malah sudah berpengalaman ambil bagian dalam berbagai klub olahraga di Indonesia dan mancanegara. Kabar terbaru menyebutkan, ia bersama pengusaha Anindya Bakrie telah mengajukan proposal untuk membeli minimal 51 persen saham, sekaligus untuk mengendalikan klub sepak bola League One, Liga Inggris, Oxford United. Selain Oxford United dan DC United, Erick juga pernah memiliki klub elite Inter Milan yang berlaga di Serie A Liga Italia. ***