EmitenNews.com - PT Caraka Reksa Optima akan melakukan penawaran tender wajib atau tender offer atas 287.650.300 lembar atau 28,5 persen porsi kepemilikan saham PT Petrosea Tbk (PTRO) dengan harga Rp3.118 per saham.

 

Anto Broto Approver PTRO dalam keterangan resmi emiten jasa pertambangan itu yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia(BEI), Rabu (24/8) menyebutkan bahwa Pemegang Saham Pengendali (PSP) baru itu telah menyiapkan dana sebesar Rp896,89 miliar untuk aksi itu.

 

Untuk itu Caraka Reksa Optima telah menunjuk Mandiri Sekuritas untuk menatalaksana mulai dari tanggal 25 Agustus hingga 23 September 2022. bagi pemegang saham yang mengikuti tender offer ini   akan menerima pembayaran pada tanggal 29 September 2022.

 

Caraka berjanji akan mempertahankan dan mengembangkan PTRO dan tidak berencana menjadikannya perusahaan tertutup.

 

Untuk diketahui, Caraka telah menjadi Pemegang saham pengendali setelah membeli 69,8 persen  PTRO dari PT Indika Energy Tbk (INDY). Sedangkan sisanya, 15,01 persen masih dikempit oleh invesor kawakan Lo Kheng Homng dan masyarakat dengan porsi 15,19 persen.

 

Dengan pergantian PSP, maka penerima manfaat terakhir PTRO beralih ke tangan Haji Romo Nitiyudo Wachjo selaku pemegang 80 persen porsi saham Caraka Reksa Optima.