EmitenNews.com - Agung Podomoro Land (APLN) akan melakukan tender offer obligasi senilai Rp1 triliun. Penawaran itu akan berakhir pada 21 November 2023 pukul 16.00 waktu London. Itu dengan catatan tidak ada perpanjangan.


Perseroan, melalui APL Reality Holdings Pte. Ltd., entitas anak usaha (APL Realty) mengajukan penawaran atas obligasi senior 5,95 persen akan jatuh tempo pada 2024. Pada 15 November 2023, jumlah agregat pokok obligasi beredar USD131,96 juta dari para pemegang obligasi atau bertindak untuk kepentingan atau manfaat dari, orang-orang di luar Amerika Serikat yang memiliki kepentingan manfaat atas obligasi tersebut.


Pembelian secara tunai hingga jumlah agregat pokok obligasi hingga Rp 1 triliun, tidak termasuk bunga masih harus dibayar. Menyusul penawaran itu, perseroan, APL Realty, dan entitas anak usaha yang memberi jaminan perusahaan atas obligasi pada saat penerbitan obligasi antara lain sebagai berikut. Yaitu Agung Kencana Sukses, Graha Tunas Selaras, Karya Pratama Propertindo, Agung Pesona Unggul, dan Pesona Agung Lestari.


Selanjutnya, Griya Agung Sukses, Central Tata Makmur, Podomoro Bangun Abadi, Podomoro Central Sejahtera, Podomoro Sukses Lestari, Buana Surya Makmur, Tiara Metropolitan Indah, Karya Gemilang Perkasa, dan PT Jaladri Kartika Pakci, bersama Standard Chartered Bank Singapore Limited telah meneken dealer manager agreement pada 15 November 2023 atas obligasi tersebut. 


”Pendanaan untuk pembayaran sehubungan dengan pembelian obligasi berdasarkan penawaran diharapkan dari hasil bersih fasilitas pinjaman yang disediakan kepada perseroan,” tulis Cesar M Dela Cruz, Direktur Agung Podomoro Land. 


Mengingat volatilitas pasar saat ini, peningkatan suku bunga pasar mata uang (USD), dan ketidakpastian situasi politik Indonesia menjelang pemilu 2024, perseroan berusaha melakukan pengelolaan utang (liability management) ini sebagai bagian dari pengelolaan aktif atas liabilitas, dan modal. Itu untuk mencapai profil arus kas lebih berkelanjutan, mengoptimalkan struktur permodalan, dan profil jatuh tempo utang. (*)