EmitenNews.com - Syukuran rencana pembangunan Riset Center dan Museum di Kawasan Pabrik Sido Muncul, Ungaran, Jawa Tengah dilakukan dalam rangka HUT PT. Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) ke-70 tahun dan 8 tahun menjadi perusahaan publik. Acara syukuran ditandai dengan penekanan sirine dan pembukaan selubung maket oleh Jajaran Direksi Sido Muncul. Sido Muncul juga memberikan bantuan sosial senilai Rp600 juta.


Dalam rilisnya Rabu (22/12/2021), Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menjelaskan tujuan pembangunan kawasan Riset Center dan Museum di atas tanah seluas sekitar 4-5 hektare ini untuk melestarikan budaya dan tradisi jamu. Juga diharapkan menjadi pusat informasi dan pembelajaran ilmiah, atau edukasi.


Irwan Hidayat menjelaskan, pertama, riset center dan museum ini nantinya akan mengenai jamu, obat herbal, dan tanaman rempah. Tujuannya, menemukan obat-obat alam, atau rempah yang bisa bermanfaat bagi masyarakat. Sido Muncul ingin mengembangkan dan membudidayakan tanaman obat sehingga dapat menghasilkan bibit rempah unggul, yang memiliki kandungan zat aktif tinggi.


“Kedua tujuan kami membangun museum, kami ingin generasi muda dapat mengerti tentang sejarah dan tradisi jamu sehingga dapat melestarikan budaya jamu. Museum akan dikemas secara modern dengan dukungan teknologi kekinian," kata Irwan Hidayat.


Acara yang diselenggarakan sesuai protokol kesehatan ketat ini turut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, diwakili Muhammad Arif Sambodo, Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha, Wali Kota Semarang diwakili Asisten Pemerintah Bagian Perekonomian Widoyono, Wali Kota Salatiga diwakili oleh Wakil Wali Kota Muhammad Haris.


Tidak ketinggalan KH. Mustofa Bisri atau Gus Mus, Komisaris Utama Sido Muncul Jonatha Sofjan Hidajat, Komisaris Sido Muncul Johan Hidayat, Komisaris Sido Muncul Sigit Hartojo Hadi Santoso. Lainnya, Direktur Utama Sido Muncul David Hidayat, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, dan Sandra Hidayat.


Irwan menyampaikan, acara syukuran seharusnya diadakan pada 11 November 2021. Akan tetapi diundur karena masih dalam suasana berkabung. "Seharusnya acara ini diadakan bertepatan dengan HUT Sido Muncul ke-70 tahun pada 11 November lalu. Tapi karena keluarga kami sedang berduka, maka kami lakukan pada 18 Desember ini."


"Harapan kami, dengan adanya riset center dan museum ini semakin banyak pengunjung yang datang ke tempat kami. Sebelum pandemi, total pengunjung setiap bulan (Kebanyakan mahasiswa) adalah 8.000 pengunjung. Kami harap setelah ini bisa mencapai 40.000 pengunjung setiap bulan," lanjut Irwan.


Pada syukuran kali ini, Sido Muncul turut memberikan bantuan sosial dengan total nilai Rp600 juta yang diserahkan melalui Gubernur Jawa Tengah (Rp200juta), Wali Kota Semarang (100 juta), Bupati Semarang (100 juta), dan Wali Kota Salatiga (Rp100 juta). ***