EmitenNews.com - Bergegaslah, pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 14 dibuka hari ini, Kamis (11/3/2021) siang, pukul 12.00 WIB. Para peserta segeralah membuat akun dan mendaftar dengan login di www.prakerja.go.id. Jangan lupa cermati baik-baik syarat dan caranya agar lolos. Ingat, kali ini kuotanya untuk 600 ribu orang. Pemerintah memprioritaskan bagi kelompok terdampak pandemi Covid-19.

 

Dalam dialog Perkembangan Program Kartu Prakerja secara virtual, Rabu (10/3/2021), Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Kementerian Koordinator Perekonomian Rudy Salahuddin, meminta para calon peserta mencermati persyaratan pendaftaran. Sebelum mendaftar, pastikan semua persyaratan terpenuhi. 

 

Di antaranya: WNI berusia 18 tahun ke atas. Pencari kerja atau penganggur (lulusan baru maupun terkena PHK). Pekerja (buruh/karyawan) yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja. Wirausaha. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Bukan penerima bansos Kementerian Sosial (DTKS), BSU, maupun BPUM. Bukan anggota TNI/Polri, ASN, Anggota DPR/DPRD, dan lainnya. 

 

Ingat, bagi yang sudah pernah menjadi penerima Kartu Prakerja 2020 tidak bisa mendaftar lagi. Kartu Prakerja 2021 untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi pekerja atau buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak penghidupannya akibat pandemi covid-19.

 

Agar memudahkan pendaftaran, silakan mengikuti petunjuk yang sudah disebarkan dalam pembuatan akun. Setelah menyiapkan seluruh persyaratan, masuklah ke situs www. prakerja.go.id lalu klik 'Daftar'. Tulis nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru. Cek email dari Kartu Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email Setelah konfirmasi akun email berhasil, kembali ke situs Prakerja.

 

Setelah resmi memiliki akun, peserta perlu melengkapi data diri. Masuk ke akun dengan alamat email dan kata sandi yang telah dibuat. Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik 'Berikutnya'. Isi data diri, mulai dari nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, lalu klik 'Berikutnya'. Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim melalui SMS. 

 

Setelah melengkapi data diri, pemilik akun akan diminta mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Ikuti tes awal ini selama 15 menit. Siapkan alat tulis dan kertas bila perlu tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes Setelah mendapatkan email pemberitahuan, kembali ke situs, dan gabung ke gelombang pendaftaran yang sedang dibuka. 

 

Yang tidak kalah pentingnya diperhatikan, pastikan jaringan internet benar-benar siap, agar tidak mengalami kendala saat mendaftarkan diri. Setelah itu, berdoalah, memasrahkan diri pada Allah untuk memperoleh hasil terbaik. ***