EmitenNews.com - Team Research Analis Phillip Sekuritas Indonesia, memprediksi IHSG pada perdagangan Jumat 12-Maret-2021 akan Bullish atau Moderate dengan support 6,204 dan resistance  6,306. 


Kami memperkirakan IHSG akan bergerak menguat terbatas pada perdagangan hari ini Jumat (12/3). Indeks saham di Asia pagi ini Jumat (12/3) di buka naik mengikuti pergerakan indek saham utama di Wall Street semalam di mana DJIA dan S&P 500 kembali mencatatkan level penutupan tertinggi setelah Presiden Joe Biden menandatangani RUU Penanggulangan virus Corona senilai USD1.9 trilun menjadi UU sehingga membuka jalan bagi pengiriman dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) hingga USD1,400 bagi sebagian besar warga AS. 


Sentimen juga di dorong oleh berita positif dari pengembangan vaksin COVID-19 dengan perusahaan farmasi Novavax mengumumkan bahwa vaksin yang dikembangkan perusahaan dalam fase akhir uji coba di Inggris terbukti 96% efektif dalam mencegah penularan virus COVID-19 asli dan 86% efektif dalam melawan jenis virus COVID-19 yang berkembang di Inggris. Hal ini membawa vaksin Novavax selangkah lebih dekat untuk mendapat izin penggunaan darurat dari regulator di berbagai negara. 


Selain itu, penurunan lebih lanjut imbal hasil (yield) surat utang Pemerintah di pasar obligasi global turut meredakan kekhawatiran mengenai lonjakan laju inflasi yang tidak terkendali. Bank sentral Eropa (ECB) mengatakan akan menambah nilai pembelian obligasi dalam tiga bulan ke depan untuk melawan kenaikan imbal hasil (yield) obligasi belakangan ini yang dapat mengganggu proses pemulihan ekonomi di wilayah Eropa. 


Dari sisi makro ekonomi, investor menyambut baik rilis data Jobless Claims AS yang memperlihatkan bahwa jumlah orang yang untuk pertama kali mencairkan tunjangan pengangguran (Initial Jobless Claims) untuk minggu yang berakhir 6 Maret mencapai 712.000, terendah sejak awal November 2020. Angka ini juga lebih rendah dari ekspektasi 725.000 dan jumlah pada minggu sebelumnya, 754.000. Sementara itu, jumlah orang yang telah mencairkan tunjangan pengangguran paling tidak selama 2 minggu beruntun (Continuing Claims) untuk minggu yang berakhir 27 Februari mencapai 4.14 juta jiwa, lebih rendah dari ekspektasi 4.2 juta dan turun dari pencapaian pada minggu sebelumya, 4.34 juta jiwa.


Adapun Analis Phillip Sekuritas secara teknikal merekomendasikan tiga saham pilihannya untuk perdagangan akhir pekan ini seperti BJBR, CTRA dan ASRI. 


BJBR Short Term Trend: Bearish

Medium Term Trend: Sideways

Trade Buy: 1,500

Target Price 1: 1,560

Target Price 2: 1,580

Stop Loss: 1,450


CTRAS hort Term Trend: Bearish

Medium Term Trend: Bullish

Trade Buy: 1,170

Target Price 1: 1,230

Target Price 2: 1,260