EmitenNews.com - Subholding Upstream Pertamina sukses memboyong 5 penghargaan dalam Annual Pertamina Quality Award (APQA) 2023. Ajang tahunan bidang inovasi dan perbaikan berkelanjutan itu, digeber PT Pertamina. Tahun ini, ajang itu mengusung tema Embracing Change, Leap The Challenges berlangsung di Graha Pertamina, Jumat, 26 Mei 2023. 


Hadir dalam kegiatan itu, Direktur Keuangan PT Pertamina Emma Sri Martini, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina M. Erry Sugiharto, dan Direktur SDM & Penunjang Bisnis Subholding Upstream Oto Gurnita. Pada masa revolusi industri 5.0 saat ini, pemanfaatan teknologi modern macam artificial intelligence, robotic, mesin e-learning akan berjalan beriringan dengan aktivitas manusia. 


Pelaku industri akan terus berhadapan dengan teknologi, apabila dimaknai secara positif tentu akan membantu menjawab tantangan, dan mengakselerasi kinerja. Di sisi lain, bisa menjadi ancaman, dan tidak bisa beradaptasi atas perubahan tersebut. ”Quality Management menjadi faktor penting dalam meningkatkan keunggulan kompetitif, membangun citra perusahaan, dan meningkatkan nilai tambah dalam mencapai sukses dalam jangka panjang,” tukas Direktur SDM PT Pertamina M. Erry Sugiharto.


Subholding Upstream Pertamina kembali menunjukkan prestasi dengan menyabet lima awards. Di antaranya The Most Productive & Sustainable CIP, The Most Productive Replicated Innovation, The Best KOMET Influencer, The Best Business Performance Excellence, dan The Best Value Creation Achievement. Program APQA sangat positif, dan konstruktif. Jadi, harus selalu didukung secara berkesinambungan.


“Alhamdulillah APQA 2023 berjalan lancar. Seluruh inovasi berkontribusi secara signifikan. Inovasi salah satu pilar quality management telah menjadi budaya perusahaan. Selain itu, inovasi juga menjadi bagian dari bisnis proses keseharian untuk menghasilkan produk-produk secara optimal sehingga mendukung operational excellence untuk mendukung pencapaian target perusahaan,” tegas Direktur SDM & Penunjang Bisnis Subholding Upstream Pertamina Oto Gurnita.


Lebih lanjut Oto menerangkan komitmen Subholding Upstream Pertamina, akan terus melaksanakan inovasi berbagai fungsi. Itu penting untuk menghasilkan value creation seoptimal mungkin tanpa mengorbankan safety, dan operational excellence. ”Itu sudah menjadi komitmen kami,” ucap Oto. 


Edisi 2023, penyelenggaraan APQA masuk usia ke-13. Di mana, total 154 inovasi mendapat penghargaan. Subholding Upstream Pertamina menggondol 21 kategori platinum, 23 kategori gold, dan 9 kategori silver. Subholding Upstream Pertamina, dikoordinir Pertamina Hulu Energi (PHE), berkomitmen menjaga praktik bisnis sesuai jalur tren investasi berkelanjutan alias environmental, social and governance (ESG) juga aspek safety.


PHE telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC) sebagai partisipan/member sejak Juni 2022. Subholding Upstream berkomitmen pada sepuluh prinsip universal atau Ten Principles UNGC dalam strategi dan operasional, sebagai bagian penerapan aspek ESG. Subholding Upstream Pertamina akan terus mengembangkan pengelolaan operasi dalam, dan luar negeri secara profesional untuk menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia dengan sendi Environmental Friendly, Socially Responsible, dan Good Governance. (*)