EmitenNews.com - Curah hujan ekstrem secara merata terutama Kudus, Jawa Tengah (Jateng) menyebabkan genangan banjir. Rumah warga terendam dan menghambat akses transportasi.


Direktur Enterprise Risk Management, Big Data and Analytics Bank Tabungan Negara (BTN) Setiyo Wibowo mengaku sebagai bank BUMN, Bank BTN memberi perhatian atas bencana warga Dukuh Tanggulangin, Desa Jatiwetan, Kudus, Jateng. Itu dibuktikan dengan memberi bukti Bank BTN peduli pada warga terdampak bencana banjir.


”Bank BTN fokus mendukung program pemerintah sektor perumahan nasional. Selama ini, kami bergerak sektor perumahan khususnya perumahan warga berpenghasilan rendah,” tutur Setiyo Wibowo, di sela-sela serah terima bantuan Corporate Sosial Responsibility (CSR) Banjir Kudus, Selasa (2/3).


Selain itu, kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian Bank BTN sebagai agen perubahan dari pemerintah untuk mendukung kesejahteraan keluarga Indonesia, khususnya untuk masyarakat Kudus dan Dukuh Tanggulangin.


Bank BTN menyalurkan bantuan CSR senilai Rp200 juta untuk warga tersebar pada tujuh RT Dukuh Tanggulangin, sekitar Pondok Pesantrean Al Muayaad. Bantuan itu, dalam bentuk pompa air, tong sampah dan paket sembako berisi kebutuhan pokok sehari-hari. Perseroan memiliki cabang di Kudus, saat ini membawahi kantor cabang pembantu antara lain di Jepara, Pati, Rembang. 


”Kami banyak membiayai developer-developer, khususnya perumahan subsidi. Kami membuka diri untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat akan rumah di Kudus. Semoga ke depan ada sinergi dan kerja sama dengan pemerintah daerah, termasuk menyangkut produk dan layanan perbankan untuk membantu pengembangan bisnis daerah,” tegasnya.


Sementara itu, Plt Bupati Kudus Hartopo mengapresiasi bantuan CSR Bank BTN. ”Dampak banjir Kudus masuk skala besar. kita tidak mumpuni tanpa bantuan seluruh stakeholder termasuk Bank BTN,” ucapnya.


Saat bersamaan Pimpinan Pondok Pesantren Al Muayyad Dukuh Tanggulangin, Desa Jatiwetan, Gus Amix mewakili warga Dukuh Tanggulangin terdampak banjir mengucap terima kasih kepada Bank BTN telah membantu berupa materi, sandang pangan, dan doa. ”Semoga silahturahim dan pemberian bantuan ini mendapat ridho Tuhan,” ujarnya. (Frans)