EmitenNews.com - Gagal sudah tim bulutangkis putri Indonesia membawa pulang Piala Uber 2022. Perjuangan Bilqis Prasista Cs berakhir di tangan tim Tiongkok, 0-3 dalam pertandingan di perempat final yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Kamis (12/5/2022) siang WIB.


Pada partai pertama, tunggal Komang Ayu Cahya Dewi harus mengakui ketangguhan Chen Yu Fei dua gim langsung 12-21, 11-21 hanya dalam 42 menit. Komang Ayu mengaku kesulitan dalam mengontrol pertandingan. Sepanjang pertandingan permainannya dikontrol habis. Tidak ada kesempatan sekali pun untuk bisa mengontrol permainan lawan.


"Saya sudah berusaha semaksimal mungkin. Ke mana bola sudah saya kejar, tetapi tidak mudah. Permainan Chen Yu Fei rapih sekali. Tidak ada celah untuk diserang,'' urai Komang Ayu.


Sayangnya kekalahan Indonesia berlanjut di partai kedua. Pasangan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi harus menyerah dari Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, juga dua gim langsung; 19-21, 16-21. Skor 0-2 untuk keunggulan Tiongkok.


Febriana mengaku sudah bermain baik dan maksimal. Ia bisa mengeluarkan seluruh kemampuan. Sayangnya, lawan memang kuat, sehingga sulit dikalahkan. “Mereka bermain rapih. Sebagai peraih medali perak Olimpiade, permainan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan memang solid."


Harapan akhirnya beralih ke pundak Bilqis Prasista, yang diturunkan pada partai ketiga. Putri legenda bulutangkis Indonesia Joko Suprianto ini, sempat memperpanjang napas Indonesia setelah menang pada laga pertama, 21-19 atas He Bing Jiao.


Tetapi, pada gim kedua, Bilqis kesulitan mengembangkan permainan, sehingga kalah 18-21. Bermain tiga set, Bilqis yang sepertinya kehabisan stamina tertinggal 3-7, 5-14 dan akhirnya menyerah kalah 7-21. Jadinya, 0-3 untuk Tiongkok.


Dengan kekalahan tersebut, langkah Tim Uber Indonesia terhenti di babak perempat final. Capaian ini sesuai target. Ini menjadi perempat final keenam kalinya secara beruntun yang dicapai Tim Piala Uber sejak tahun 2012. Terakhir kali Indonesia membawa pulang Piala Uber tahun 1996.


Apa boleh buat Bilqis Prasista dkk harus lebih baik mempersiapkan diri untuk menjalani pertandingan dalam event berikutnya. Dengan kemenangan awal atas tunggal nomor satu dunia, Akane Yamaguchi dari Jepang pada partai pertama Indonesia vs Jepang di Piala Uber 2022, Rabu (11/5/2022) pagi WIB, semoga menjadi modal Bilqis untuk tampil lebih baik lagi di masa mendatang. ***