EmitenNews.com - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyambut hangat kunjungan direksi Bank BTN (BTN) Syariah akhir pekan lalu. Saking istimewanya, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menerima langsung jajaran pengurus BTN Syariah tersebut. Kunjungan berlabel silaturahmi itu, berlangsung di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Jumat, 2 Agustus 2024. 

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat pengembangan ekonomi, dan keuangan syariah merupakan langkah mulia.

“Membangkitkan ekonomi, dan keuangan syariah merupakan ikhtiar mulia. Mesti didasari langkah-langkah strategis, dan praktis untuk membumikan ekonomi dan keuangan syariah agar mampu hadir menjadi alternatif kegiatan ekonomi, dan keuangan di Indonesia,” tutur Haedar, dikutip Sabtu (3/8/2024).

Haedar melanjutkan ekonomi dan keuangan syariah dalam teologi al-Maun harus mampu hadir secara nyata dan makin baik untuk mengangkat harkat, martabat, dan kemajuan UMKM. Tidak kalah penting memecahkan masalah kemiskinan, kesenjangan sosial, dan problem-problem ekonomi sehari-hari dihadapi umat, dan masyarakat luas.

Melalui silaturahmi PP Muhammadiyah dengan BTN Syariah itu, Haedar berharap akan berdampak pada peningkatan taraf hidup rakyat banyak. “Hakikat dan keberadaan perbankan mesti dilakukan rekonstruksi sebenarnya, sehingga dalam menyalurkannya dapat meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Muhammadiyah mendorong perbankan untuk memberlakukan sistem good government dan meritokrasi dalam pelaksanaan birokrasi tersebut,” ulas Haedar.

Haedar juga menegaskan selama ini Muhammadiyah memiliki etos membangun yang manfaatnya tidak untuk diri sendiri, melainkan untuk semua. “Bahkan ketika pemerintah belum mampu untuk membangun institusi pendidikan, misalnya, Muhammadiyah sudah hadir terlebih dahulu untuk membangun,” beber Haedar.

Sementara itu, Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu mengatakan, kunjungan kali ini bertujuan untuk memperkuat sinergi BTN Syariah dengan PP Muhammadiyah. “Penguatan sinergi antara BTN Syariah dengan PP Muhammadiyah mencakup beberapa area kerja sama saat ini sedang kami jajaki bersama. Tidak hanya sektor pembiayaan perumahan tapi sektor bisnis dan ekonomi khususnya yang menunjang dan mendukung visi misi dari PP Muhammadiyah ke depan,” tandas Nixon.

Pada kesempatan itu, BTN Syariah menyampaikan sejumlah program layanan BTN Syariah terbaru, produk tabungan maupun pembiayaan, dan beragam rencana ke depan BTN Syariah. “Amal Usaha Muhammadiyah sangat banyak dan beragam. Mulai sektor kesehatan hingga pendidikan. Nah, di sini banyak potensi yang BTN Syariah dapat memberikan solusi agar AUM makin berkembang, dan maju sehingga dapat mensejahterakan PP Muhammadiyah,” jelas Nixon.

Nixon menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mematangkan kerja sama dengan PP Muhammadiyah sebagai tindak lanjut atas pembahasan dilakukan bersama. “Kami sangat berterima kasih kepada PP Muhammadiyah atas kepercayaannya terhadap BTN Syariah, dan kami sangat terbuka, dan berharap untuk kerja sama lebih luas lagi karena kami sangat mendukung program kerja PP Muhammadiyah ke depan,” ucap Nixon. (*)