EmitenNews - Malang  merupakan kota yang banyak dikelilingi barisan pegunungan dan tempat wisata seru lainnya. Berkunjung ke Malang, siapa yang tidak kenal dengan objek wisata yang menjadi ikonik kota tersebut ? Ya, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.


Banyak wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru biasanya tidak sadar bahwa ada banyak spot menarik di Bromo Tengger Semeru yang bisa kamu kunjungi lho EmiteNews. Salah satunya adalah Bukit Kedaluh.Bukit Kedaluh merupakan salah satu spot untuk melihat sunrise terbaik di kawasan Bromo. Bukit Kedaluh memiliki nama lain yang lebih terkenal yaitu Bukit Kingkong.

Dinamakan Bukit Kingkong karena diambil dari salah satu sisi tebing di sekitaran area bukit yang menonjol dan menyerupai kepala Kingkong.


Masyarakat Tengger menyebut bukit Kedaluh karena berasal dari sansekerta yang berarti penghargaan akan kesuburan tanah wilayah Tengger.

Bukit Kedaluh atau Kingkong terletak di bawah Bukit Penanjakan yaitu sekitar kurang lebih 2,5 kilometer dari puncak Penanjakan 1 Bromo, sehingga akses masuk menuju bukit Kingkong tidak terlalu menanjak.


Bukit Kedaluh atau Kingkong memiliki ketinggian 2.700 mdpl di bawah puncak Penanjakan dan pengunjung hanya perlu berjalan sekitar 100-200 meter untuk bisa menikmati pemandangan kaldera Tengger.Meskipun bukit ini hanya dijadikan alternatif jika kawasan bukit Penanjakan ramai pengunjung, tetapi pemandangannya tidak kalah menakjubkan lho kawan EmiteNews, dan pesona sunrise di bukit Kedaluh pun tetap membuat wisatawan merasa puas serta memiliki keindahan tersendiri dari sudut pandang yang berbeda.Selama era new normal , pengunjung harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku dan tetap tertib berwisata.“Pastikan juga, sahabat EmiteNews  memakai masker, membawa hand sanitizer serta membawa surat keterangan sehat dari dokter yaa.. Tetap jaga sesama dengan cara tertib berwisata,” tulis akun @tnbromotenggersemeru.