EmitenNews.com - PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan anak usahanya, PT Kaltim Prima Coal (KPC), berhasil meraih sejumlah penghargaan dalam ajang Penganugerahan Transparansi & Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024. Penghitungan penurunan emisi dalam ajang ini didasarkan pada data laporan keberlanjutan 2023 masing-masing perusahaan.

BUMI menerima dua penghargaan tertinggi, yaitu Green Elite dan Gold Plus, sementara KPC meraih penghargaan Green Elite dan Silver Plus. Penghargaan Green Elite menunjukkan transparansi penurunan emisi korporasi, sementara Silver Plus dan Gold Plus menunjukkan transparansi perhitungan emisi korporasi.

Penilaian ini didasarkan pada transparansi pengungkapan data emisi karbon yang dihasilkan secara langsung maupun tidak langsung serta pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) yang dilaporkan dalam laporan keberlanjutan BUMI sesuai dengan standar POJK 51 tahun 2017 dan Global Reporting Initiative.

Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie, menyatakan bahwa pada tahun 2023, BUMI bersama KPC dan Arutmin Indonesia melaksanakan sejumlah program pengurangan emisi GRK, seperti penggunaan biodiesel (B30) dan panel surya, yang berhasil mengurangi emisi GRK sebesar 410.411,9 ton CO2 ekuivalen.

"BUMI bersama unit usaha KPC dan Arutmin Indonesia berkomitmen untuk memitigasi perubahan iklim melalui upaya-upaya pengurangan emisi yang dihasilkan operasional perusahaan. Komitmen BUMI dapat dilihat pada laporan keberlanjutan yang disusun sesuai standar nasional maupun internasional. Untuk menjaga kredibilitas, laporan keberlanjutan BUMI telah di-assurance oleh pihak independen ketiga," kata Adika, dikutip Jumat (7/6/2024).

Penghargaan ini menunjukkan komitmen BUMI dan KPC dalam menjaga transparansi dan keberlanjutan lingkungan melalui pengurangan emisi, sejalan dengan standar nasional dan internasional.