EmitenNews.com - Indeks Harga saham Gabungan (IHSG) akan bergerak menguat pada perdagangan hari ini. Itu menilik prospek penguatan bursa Eropa, dan bursa Asia. 


”IHSG akan bergerak pada rentang support 6.890, dan resisten 7.020,” tutur Alwin Rusli, Research Analyst Reliance Sekuritas Indonesia, Selasa (21/6).


Secara teknikal, IHSG kini kembali menguji level resistance psikologis 7.000, dengan bentuk candle menyerupai hammer dengan ekor cukup panjang ke arah bawah. Beberapa saham berpotensi naik antara lain ASII, TLKM, FILM, STAA, HEAL, UNVR, MYOR, ICBP, MDKA, dan BRMS.


IHSG kemarin menguat 0,56 persen menjadi 6.976,37. Sektor pendorong IHSG yaitu konsumen primer surplus 1,83 persen, kesehatan menguat 1,16 persen, dan industri dasar menanjak 0,95 persen. Investor asing tercatat membukukan net sell Rp842,84 miliar dengan saham paling banyak dijual MDKA, TLKM, dan ASII.


Bursa saham Amerika Serikat (AS) Wall Street tidak membuka perdagangan kemarin. Sementara itu, bursa Eropa, mayoritas bergerak positif. Bursa Asia pagi ini sudah bergerak positif. Indeks Nikkei menguat 1,5 persen, dan indeks Kospi melonjak 0,4 persen. (*)