EmitenNews.com - Asia International Exchange (AIX) dengan bangga mengumumkan peluncuran bersejarah bursa aset keuangan digital, menandai suatu  loncatan signifikan ke dalam lanskap teknologi keuangan atau financial technology (fintech). 

 

Kelahiran platform ini merepresentasikan suatu pendekatan mutakhir untuk menyediakan solusi perdagangan yang komprehensif dan aman dalam lingkup fintech yang berkembang pesat belakangan ini. Ini sejalan dengan pernyataan terbaru  Direktur Jenderal Labuan Financial Services Authority (LFSA) Nik Mohamed Din Nik Musa yang menegaskan sebuah inisiatif pusat aset digital Islam LFSA atau Islamic Digital Asset Centre (IDAC) yang mempromosikan pengembangan ekonomi di sektor keuangan dan non-keuangan.

 

Apa yang ditawarkan AIX adalah fasilitasi perdagangan aset digital yang memungkinkan pengguna ikut serta dalam perdagangan berbagai aset kripto, token, dan investasi berbasis blockchain yang memenuhi prinsip-prinsip syariah. Bursa ini berkomitmen untuk memberikan jasa perdagangan yang mulus (seamless) dan ramah pengguna (user-friendly) dengan tetap mematuhi standar keamanan yang tinggi.

 

Dalam upaya untuk diversifikasi pencatatan (listing) dan memperluas layanannya, AIX dengan bangga akan memperkenalkan pencatatan dua token revolusioner dalam waktu dekat yaitu token Rahnu dan token Cash Waqf.

 

Token Rahnu, didasarkan pada model yang memenuhi prinsip-prinsip syariah, merupakan langkah inovatif menuju efek digital yang didukung aset (asset-backed digital securtities), memberikan kesempatan kepada investor untuk ikut serta dalam praktik keuangan yang etis dan berkelanjutan. 

 

Sekuritisasi atau tokenisasi bisnis Ar Rahnu, sebuah badan pegadaian Islam, merupakan Langkah inovatif untuk menerapkan prinsip-prinsip keuangan Islam dalam ekonomi digital. Dengan emas sebagai jaminan yang dievaluasi nilainya memungkinkan pencairan dana dengan tetap mematuhi prinsip-prinsip Islam. Proses terstruktur ini mewakili kepemilikan fraksional atas aset yang mendasarinya, yang berpotensi membentuk sebuah pool aset yang memenuhi syarat untuk diperdagangkan atau digunakan sebagai jaminan dengan cara yang memenuhi prinsip-prinsip syariah.

 

Sementera itu, token Cash Waqf merupakan wujud komitmen AIX dalam mempromosikan kesempatan berinvestasi yang memenuhi tanggung jawab social dan sekaligus memenuhi  prinsip-prinsip keuangan Islam. Hal yang lebih penting, token Cash Waqf akan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan social, serta solidaritas social dengan penerima manfaat utama para ibu yang ada di kawasan ini dan pasar global.

 

Selain penawaran token, sebagai bukti komitmennya terhadap stabilitas dan nilai, AIX dengan senang hati mengumumkan pencatatan dua aset koin berbasis emas yang akan dilakukan pada kuartal pertama tahun 2024. Inisiatif strategis ini menawarkan kesempatan kepada investor untuk berinvestasi pada aset yang didukung oleh emas fisik, sekaligus jembatan antara pasar keuangan tradisional dan lanskap aset digital yang sedang berkembang.

 

"Kami sangat senang untuk menyampaikan beberapa langkah inovatif ini dan peluncuran perdagangan aset digital di platform kami. AIX berkomitmen untuk menyediakan ekosistem yang aman dan beragam bagi investor yang sudah berpengalaman maupun investor baru, serta mempromosikan keuangan tradisional dan digital. Kami percaya bahwa apa yang kami lakukan ini mencerminkan komitmen kami untuk menjadi pionir  dalam memberikan solusi investasi yang aman dan etis", kata Hamdi Hassyarbaini, CEO AIX.