EmitenNews.com - Ini salah satu langkah pemerintah dalam memperkuat ketahanan pangan. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendorong pengembangan pertanian terpadu (integrated farming) guna memperkuat ketahanan pangan dan meningkatkan nilai tambah usaha tani. Itu diwujudkan lewat Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Swen Inovasi Mandiri di Bogor, Jawa Barat.

 

"Pada lahan yang tidak terlalu luas, bisa dijadikan lahan pertanian efektif. Ada tanaman pangan, ada ayam, ada sapi, ada domba, lele, dan lainnya. Bahkan semua bisa dimanfaatkan dengan baik seperti kotoran ternak untuk pemanfaatan biogas," kata Mentan Syahrul Yasin Limpo saat meninjau integrated farming di Ciomas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/1/2023).

 

Menyadari keunggulan kawasan ini, Mentan meminta kawasan integrated farming P4S Swen Inovasi Mandiri Bogor juga bisa dikembangkan di daerah lain. Tentu melalui peningkatan peran Program P4S pada petani dan penyuluh agar mampu menambah pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. ***