EmitenNews.com - Catat ya. Pemerintah akan menyalurkan Bantuan Sosial (bansos) beras 10 kilogram mulai besok, Senin (11/9/2023). Rencananya, pendistribusian bansos beras untuk 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) itu, dimulai di Jakarta dan Bogor. Bantuan beras 30 kg ini akan diberikan kepada masing-masing KPM pada September, Oktober, dan November 2023 masing-masing sebanyak 10 kg per bulan.

 

Dalam rapat dengan Komisi IV DPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (7/9/2023), Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengabarkan soal launching bantuan pangan, yang dimulai untuk KPM di Bogor dan di Jakarta.

Bansos beras itu akan diberikan kepada masing-masing KPM sebanyak 30 kg, pada September, Oktober, dan November masing-masing sebanyak 10 kg per bulan.

 

Meski begitu, Bulog belum bisa memastikan secara keseluruhan jumlah beras yang akan disalurkan mulai Senin itu. Pasalnya, penyalurannya akan tergantung kebutuhan daerah masing-masing.

 

Dalam rapat berbeda di Komisi IV DPR RI, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi juga sudah memastikan akan adanya penyaluran beras untuk KPM itu. Itu bagian dari percepatan untuk bantuan pangan 640 ribu ton seperti perintah Presiden Joko Widodo.

 

Percepatan distribusi bansos itu dilakukan, karena saat ini harga gabah tengah mengalami kenaikan. Prediksinya, panen pada September, Oktober, November, Desember 2023 serta Januari 2024 tidak mencukupi konsumsi dalam negeri. ***