EmitenNews.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA), atau CIMB Niaga menyelenggarakan pelatihan “CIMB Niaga Banking Journalist Class” di Bogor, Jawa Barat, pada Kamis-Jumat (25-26/5/2023). Acara ini merupakan wadah sharing session CIMB Niaga dengan rekan-rekan jurnalis, khususnya bagi yang baru bergabung di desk perbankan dan ekonomi, maupun yang ingin lebih mendalami tentang industri perbankan.


Dalam acara ini, CIMB Niaga menghadirkan para narasumber yang membahas beragam topik tentang dasar-dasar perbankan dari berbagai segmen hingga kode etik jurnalistik. Melalui pelatihan ini, para jurnalis diharapkan dapat mengenal lebih dekat industri perbankan dan strategi bisnis CIMB Niaga. Di sisi lain, CIMB Niaga juga makin memahami kebutuhan profesional para jurnalis sebagai salah satu mitra utama perbankan dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat.


CIMB Niaga Banking Journalist Class dibuka oleh Head of Marketing, Brand and Customer Experience CIMB Niaga Toni Darusman yang sekaligus memberikan sharing session mengenai “Brand, Marketing, & Beyond” dalam konteks CIMB Niaga. Selanjutnya, Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi menyampaikan keynote speech mengenai “Consumer Banking dan Update Strategi CIMB Niaga.” Materi ini mengulas beragam produk dan layanan perbankan konsumer, termasuk keunggulan yang dimiliki CIMB Niaga.


Selanjutnya, para pembicara utama berbagi pengetahuan tentang perbankan dari berbagai segmen. Mulai dari Branch Cross Sell Head CIMB Niaga Agus Arjosuseno Sarosa yang membawakan materi “Pemahaman Mendalam tentang General Banking”, Head of Transaction Banking Product CIMB Niaga Amir Mirza mengenai “Update Strategi dan Kinerja Business Banking CIMB Niaga”, hingga Head of Digital Banking, Branchless, and Partnership CIMB Niaga Lusiana Saleh yang membahas topik “Digital Banking”.


Selain dari sisi perbankan, dalam kesempatan ini, CIMB Niaga bekerja sama dengan Dewan Pers juga memberikan refreshment kepada rekan-rekan jurnalis terkait pengumpulan informasi dan penulisan berita yang sesuai dengan kaidah serta kode etik jurnalistik. Hadir sebagai narasumber yaitu Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Profesi Dewan Pers Paulus Tri Agung Kristanto.


Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi menyatakan, CIMB Niaga Banking Journalist Class merupakan inisiatif terbaru CIMB Niaga yang dirancang sebagai wadah sharing session mengenai industri perbankan dan media. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab dan kepedulian CIMB Niaga untuk mendukung industri pers yang sehat dan profesional.


“Rekan-rekan jurnalis selama ini merupakan mitra strategis yang telah banyak membantu kami dengan pemberitaan-pemberitaan yang akurat dan berimbang. Karena itu, sebagai wujud apresiasi dan dukungan, kami menyelenggarakan CIMB Niaga Banking Journalist Class. Kami berharap, acara ini dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas rekan-rekan jurnalis, serta mempererat hubungan baik yang sudah terjalin,” kata Noviady di Bogor, Kamis (25/5/2023).


Untuk memberikan gambaran lengkap tentang layanan perbankan, para peserta juga diajak melihat langsung lebih dekat aktivitas training untuk pegawai yaitu teller dan customer service di CIMB Niaga Learning Center, Gunung Geulis, Bogor. Selain itu, sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan life experience, CIMB Niaga mengadakan penanaman pohon yang diikuti para jurnalis dan tim CIMB Niaga.


Kuartal I/2023, Kredit Consumer Banking Tumbuh 9,4%


Dari sisi kinerja,  per 31 Maret 2023, jumlah kredit/pembiayaan yang disalurkan oleh segmen Consumer Banking tumbuh 9,4% Year-on-Year (Y-o-Y). Raihan tersebut dikontribusi oleh Kredit Pemilikan Rumah (“KPR”) yang naik 5,5% Y-o-Y menjadi Rp41,95 triliun, Kartu Kredit, Personal Loan, dan lainnya tumbuh 12,4% Y-o-Y menjadi Rp13,93 triliun, serta Kredit Pemilikan Mobil (“KPM”) yang meningkat 20,6% Y-o-Y menjadi Rp12,28 triliun, termasuk kontribusi dari anak perusahaan PT CIMB Niaga Auto Finance ("CNAF"). 


Noviady mengungkapkan, CIMB Niaga terus mengoptimalkan kanal digital untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dalam mengajukan berbagai produk perseroan. Di antaranya melalui Online Form untuk pengajuan KPR, Kartu Kredit, serta Personal Loan secara mandiri. Tersedia pula aplikasi referral OCTO Friends yang memberikan peluang mendapatkan penghasilan tambahan bagi nasabah dan karyawan, dengan mereferensikan produk dan layanan Bank kepada keluarga dan rekan.

"Melalui kanal digital yang terintegrasi, pengajuan produk CIMB Niaga menjadi lebih cepat. Kami optimis ke depan bisnis Consumer Banking dan segmen lainnya akan terus tumbuh positif sejalan dengan perekonomian yang terus membaik,” ujar Noviady. (Eko Hilman). ***