EmitenNews.com - Awal bulan ini, Cristiano Ronaldo menjadi pemain sepak bola pria pertama yang mencetak 900 gol dalam kariernya. Pada hari Kamis, ia memecahkan rekor baru di luar lapangan dengan menjadi selebritas pertama yang memiliki pengikut tembus 1 miliar di media sosial lintas platform.


Superstar asal Portugal itu membagikan berita tersebut satu hari setelah ia mulai menyiarkan penghitung pengikut langsung di saluran YouTube barunya yang menunjukkan bahwa ia mendekati tonggak sejarah tersebut.


Channel YouTube-nya, yang diluncurkan bulan lalu, berhasil mendapatkan 15 juta subscribers atau pelanggan di hari pertamanya dan 50 juta dalam minggu pertama. Saat ini jumlah subscribernya sudah tembus 60,4 juta.


Ronaldo juga memiliki 170,5 juta pengikut di Facebook, 113 juta di X, dan masing-masing kurang dari 10 juta di dua platform Tiongkok: Weibo dan Kuaishou.


Basis penggemar CR7 yang terbesar, sejauh ini, ada di Instagram, di mana ia memiliki 639 juta pengikut. Angka ini sekitar 8% dari populasi penduduk dunia. Rival utama Cristiano, pesepak bola Argentina, Lionel Messi, yang memiliki satu-satunya akun resmi yakni Instagram, jumlah pengikutnya terpaut lumayan jauh dengan 500 juta follower. Di belakang mereka adalah selebritas Amerika Selena Gomez (424 juta), Kylie Jenner (397 juta) dan Dwayne "The Rock" Johnson (395 juta).


Ronaldo memiliki lebih banyak pengikut Instagram daripada semua NBA All-Star 2024, sebuah grup yang mencakup LeBron James dan 159 juta pengikutnya.


Ronaldo yang kini berusia 39 tahun dan bermain sebagai striker klub Al-Nassr baru saja memulai musim ketiganya di Liga Pro Saudi setelah menandatangani kesepakatan yang memberinya gaji USD215 juta pada tahun 2023. Penghasilannya di luar lapangan sebesar USD60 juta menempati peringkat keempat di antara semua atlet aktif.


Secara keseluruhan, Ronaldo meraup USD275 juta pada tahun 2023, lebih dari dua kali lipat atlet lain selain pegolf Spanyol Jon Rahm (USD203 juta).


Ronaldo adalah atlet dengan bayaran tertinggi ketiga sepanjang masa, setelah disesuaikan dengan inflasi. Penghasilannya sepanjang hidup mencapai USD1,92 miliar per Maret dan diperkirakan akan mencapai USD2 miliar pada akhir tahun, yang akan menjadikannya atlet ketiga yang mencapai angka tersebut setelah Michael Jordan dan Tiger Woods.(*)