EmitenNews.com -Dana kelolaan reksadana syariah kembali tumbuh positif sepanjang tahun berjalan/YTD dan juga tahunan/YOY, yakni masing-masing naik 5% dan 3%. Hanya saja, secara bulanan/MOM dana kelolaan reksadana syariah pada bulan lalu tumbuh 0%.

Dana kelolaan reksadana syariah pada November 2023 tercatat Rp43,01 triliun. Pertumbuhan positif dana kelolaan reksadana syariah pada bulan lalu seiring dengan unit penyertaannya yang tercatat 32,41 miliar unit, pada November 2023.

Unit penyertaan reksadana syariah tumbuh positif secara sepanjang tahun berjalan/YTD dan juga tahunan/YOY yakni masing-masing naik 11% dan 10%. Tapi, secara bulanan/MOM dana kelolaan reksadana syariah pada bulan lalu tumbuh 0%.

Besaran dana kelolaan bisa menjadi indikator besarnya kepercayaan investor dalam menempatkan dananya di suatu produk reksadana, serta pertumbuhan dari kinerja aset di dalamnya. Adapun unit penyertaan mencerminkan seberapa banyak reksadana tersebut dibeli atau diminati oleh investor.

Berikut ini manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar pada November 2023.

  1. Sucor Asset Management

Sucorinvest atau Sucor AM kembali tercatat mengisi posisi puncak manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar, dengan kelolaannya pada bulan lalu Rp5,62 triliun. Pada November 2023, Sucor AM menguasai 13% pangsa pasar reksadana syariah per akhir bulan lalu. Dana kelolaan reksadana syariah Sucor AM tumbuh 16% secara tahunan/YOY.

  1. BNP Paribas Asset Management

Posisi kedua manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar November 2023, juga kembali ditempati BNP AM. Dana kelolaan reksadana syariah BNP AM pada bulan lalu sebesar Rp5,10 triliun, dengan pangsa pasar dikuasai 12%.

Dana kelolaan reksadana syariah BNP Paribas Asset Management tumbuh 6% secara bulanan/MOM.

  1. Bahana TCW Investment Management

Bahana TCW Investment Management juga kembali tercatat mengisi ketiga manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar pada bulan lalu. Dana kelolaan reksadana syariah Bahana TCW tercatat Rp3,96 triliun, pada bulan lalu dan pangsa pasar 9%.

Sementara itu dari sisi pertumbuhan dana kelolaan reksadana syariah terbesar secara bulanan/MOM, Syailendra tercatat yang tumbuh paling tinggi yakni mencapai 18%. Pada bulan lalu, Syailendra menempati posisi ke-12 atau berhasil naik satu peringkat dibandingkan bulan sebelumnya, dalam daftar manajer investasi dengan dana kelolaan reksadana syariah terbesar November 2023.

Tercatat, selain secara bulanan/MOM, dana kelolaan reksadana syariah Syailendra juga tumbuh baik sepanjang tahun berjalan/YTD dan secara tahunan/YOY yakni masing-masing naik 58% dan 91%.

Di sisi sepanjang tahun berjalan/YTD dan juga tahunan/YOY, tercatat ada Trimegah AM yang tumbuh paling tinggi dana kelolaan reksadana syariahnya yakni mencapai masing-masing 132% dan 129%.