EmitenNews.com - PT Data Sinergitama Jaya Tbk. (ELIT) berencana akan melakukan pembelian kembali (buyback) saham dengan mengalokasikan dana sebesar Rp2 miliar atau 3,93% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh.

Kresna Adiprawira Direktur Utama ELIT dalam keterangan tertulisnya Selasa (21/5) menyampaikan bahwa ELIT akan melakukan buyback saham yang telah dikeluarkan dan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam rangka Program Kepemilikan Saham Karyawan dan Manajemen Perseroan dalam bentuk Pembagian Saham Penghargaan (Employee Stock Ownership Plan/ESOP) dan pemberian hak Opsi untuk membeli saham untuk Manajemen dan Karyawan.

Kresna memaparkan ELIT buyback akan dilakukan melalui Bursa Efek Indonesia secara bertahap dan akan menggunakan jasa dari perantara pedagang efek.yaitu PT Kiwoom Sekuritas Indonesia dan sumber dana buyback saham ini sepenuhnya menggunakan dana internal.

Saham hasil pembelian kembali akan digunakan Perseroan dalam Program Kepemilikan Saham Karyawan dan Manajemen Perseroan dengan pengalokasian saham hasil pembelian kembali yang akan dirancang secara bertahap sesuai perkiraan jadwal dan rencana pelaksanaan Program Kepemilikan Saham.

"ELIT berkeyakinan bahwa pelaksanaan buyback saham tidak akan memberikan dampak negatif yang bersifat material terhadap kegiatan usahanya. Hal ini mengingat Perseroan memiliki modal kerja dan arus kas yang cukup untuk melakukan pembiayaan transaksi bersamaan dengan kegiatan usahanya,"tutur Kresna.

Pembelian kembali saham diharapkan dapat menjaga stabilitas harga saham di masa yang akan datang, dimana pada saat ini harga saham Perseroan tidak mencerminkan kondisi fundamental dan prospek Perseroan, diharapkan dengan aksi korporasi ini maka saham Perseroan dapat memiliki pergerakan harga saham yang positif.

Untuk melancarkan aksi ini, maka ELIT akan meminta persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan digelar pada tanggal 26 Juni 2024. Selain itu ELIT juga mengusulkan untuk membagikan dividen tunai Rp 10 miliar.

Pada perdagangan saham hari ini Rabu (22/5) saham ELIT naik Rp7 per saham atau naik 8 % menjadi Rp100 per lembar.