EmitenNews.com -  Harga saham GOTO melesat nyaris 6% di sesi I perdagangan Selasa (12 Desember 2023). Peningkatan harga terjadi tepat sehari pasca perseroan mengumumkan transaksi material antara Tokopedia dengan TikTok.

 

Harga saham GOTO dibuka Rp 86 pagi ini. Sempat turun ke posisi terendah intraday di Rp 81, harga saham raksasa teknologi Indonesia tersebut langsung bangkit dan ditutup di Rp 91 pada istirahat siang.

 

Kemarin GOTO merilis Keterbukaan Informasi yang menyebutkan TikTok akan berinvestasi di Tokopedia senilai USD 1,5 miliar atau setara dengan Rp 24 triliun. Pasca transaksi tersebut TikTok akan memiliki saham Tokopedia sebesar 75% dan GOTO akan tetap memegang 25%.

 

Pelaku pasar sempat terkejut dengan hilangnya Tokopedia dari neraca keuangan GOTO atau lepasnya pengendalian. Hal itu tercermin pada panic selling bersamaan dengan profit taking.

 

Setelah detail transaksi terungkap dan investor memahami sejumlah keuntungan strategis dari transaksi ini, saham GOTO kembali rebound pada perdagangan hari ini.

 

Sebagai hasil dari transaksi tersebut, GOTO tidak akan lagi mengkonsolidasikan Tokopedia dalam laporan keuangannya. Namun GOTO akan tetap mendapatkan pendapatan secara langsung yang memberikan dampak positif terhadap EBITDA perseroan.

 

Analis Ciptadana Sekuritas Gani dalam laporan risetnya menilai setelah transaksi tersebut GOTO akan lebih mandiri dan cepat dalam hal mencapi profitabilitas mengingat segmen on-demand service telah mencapai EBITDA yang positif.

 

Merespons transaksi tersebut, broker asing CLSA juga turut berkomentar dalam catatan singkatnya. CLSA menilai bahwa manuver yang dilakukan GOTO secara strategis tepat mengingat kompetisi e-commerce yang semakin ketat.

 

Baik CLSA maupun Mandiri Sekuritas juga memberikan pandangan yang sama bahwa transaksi tersebut akan memberikan dampak positif jangka panjang ke depan.