EmitenNews.com - Partai Demokrat menyambut hangat ajakan PDI Perjuangan untuk bertemu, dan berdiskusi. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya menyatakan, partainya terbuka terhadap seluruh partai politik untuk melakukan kerja sama dalam kontestasi pemilihan umum (pemilu) 2024. Rencananya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani akan bertemu dengan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di tengah kabar AHY salah satu Cawapres untuk Ganjar Pranowo.

 

Teuku Riefky menanggapi pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang menyatakan Partai mereka bakal membangun dialog dengan Partai Demokrat. Dalam keterangan tertulisnya Minggu (11/6/2023), Teuku mengatakan, partainya selalu terbuka untuk berkomunikasi dengan seluruh partai politik, termasuk PDIP.

 

“Kami menghormati dan menghargai pintu komunikasi yang telah disampaikan melalui pernyataan terbuka Sekjen PDIP, Mas Hasto,” ucapnya. 

 

Partai Demokrat saat ini tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bersama Partai NasDem dan PKS, yang telah bersepakat mengusung Anies Baswedan menjadi bakal calon presiden (capres) dalam Pilpres 2024. 

 

Sedangkan PDIP bersama dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan dua partai nonparlemen, Partai Hanura dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo), telah resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024. 

 

Menurut Teuku Riefky, rencana pertemuan dan tawaran kerja sama tersebut dinilai tidak sekedar membicarakan kontestasi pemilihan presiden (pilpres). Namun, juga membahas berbagai persoalan bangsa yang bisa sama-sama didiskusikan. “Tetapi lebih dari itu, juga dapat berdiskusi tentang berbagai permasalahan bangsa, demi terwujudnya Indonesia yang bersatu, maju, adil, demokratis, dan sejahtera.”

 

Seperti ramai diberitakan, Hasto Kristiyanto mengungkapkan, tidak ada yang salah jika pihaknya membangun dialog dengan Demokrat, meski partai itu telah berada di koalisi berbeda. Hal itu sejalan dengan PDIP yang memiliki semangat gotong royong, melalui salah satu wujudnya adalah upaya merangkul pihak lain dalam berpolitik. 

 

“PDI Perjuangan itu merangkul, sambil menunggu, toh lamaran dari Pak Anies Baswedan ke Demokrat belum turun. Maka, enggak ada salahnya berdialog,” kata Hasto kepada pers, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023). 

 

Di luar itu, Puan Maharani bakal menemui AHY, di tengah memanasnya hubungan Partai Demokrat dan Partai NasDem berkaitan dengan belum jelasnya cawapres untuk pendamping Capres Anies Baswedan Pilpres 2024.