EmitenNews.com - Silaturahim Ketua DPR RI sekaligus Ketua PDI Perjuangan Puan Maharani dengan bakal capres Anies Baswedan kembali terjalin. Keduanya bertemua di sela-sela ibadah haji 2023 di Tanah Suci, Kamis (29/6/2023) malam waktu setempat. Puan pertemuan tanpa direncanakan itu sebagai bentuk silaturahmi yang harus tetap dijaga.


"Silaturahmi harus terus selalu dijaga, kapan pun, di mana pun. Apalagi ini di Tanah Suci," kata Puan Maharani dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/6/2023).


Kedua tokoh politik itu bertemu tanpa disengaja di Guest House di Mina, Makkah, Arab Saudi, di sela-sela prosesi melempar jumrah. Dalam pertemuan itu, Puan dan Anies berbincang ringan.


Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengungkapkan ihwal pertemuan Puan Maharani, dengan Anies Baswedan itu. Said yang juga Kepala Badan Anggaran DPR RI itu, turut mendampingi Puan Maharani sekeluarga saat bertemu Anies dan istrinya di Makkah. Politikus PDIP memastikan, pertemuan kedua tokoh tersebut tidak dijadwalkan.


Said Abdullah menyebutkan Puan Maharani sekeluarga sedang beristirahat sejenak setelah dari Mina untuk melempar jumrah kedua. Tanpa direncanakan, mereka bertemu dengan Anies Baswedan. "Saat itu keduanya beristirahat usai kegiatan panjang dalam rangka ibadan haji 2023.


Masih menurut Said Abdullah, pertemuan Puan Maharani dan Anies Baswedan berlangsung santai. Keduanya sempat berfoto bersama didampingi pasangan masing-masing, seperti yang kemudian beredar di media sosial, dan sempat menimbulkan tafsir politik.


Bertemu di sela-sela pelaksanaan Ibadah Haji, Puan Maharani, dan Anies Baswedan saling mendoakan. Mereka saling mendoakan, agar dapat menjalankan sisa rangkaian ibadah haji dengan lancar.


"Mereka saling bercakap-cakap santai, bicara yang ringan-ringan saja, saling mendoakan, apalagi sedang berada di Baitullah sebagai tempat yang bermustajab untuk berdoa," kata Said Abdullah. ***