EmitenNews.com - Indeks harga saham gabungan atau IHSG diperkirakan bergerak fluktuatif di rentang support 6850 dan resistance 6900-6930 pada perdagangan hari ini, Selasa (8/3).


Prediksi IHSG tersebut didukung data teknikal dimana Stochastic RSI dan MACD masih menunjukan sinyal koreksi lanjutan. Sementara investor asing mencatatkan net sell pertama sejak 1 Februari 2022.

Dengan kondisi IHSG yang berfluktuasi, analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan menyarankan pelaku pasar untuk mencermati peluang pembelian spekulatif pada saham ANTM, MDKA, INKP, ADRO, INCO, AKRA dan ELSA di Selasa (8/3).

"Sentimen negatif utama berasal dari peningkatan risiko ketidakpastian seiring potensi adanya sanksi-sanksi baru yang dijatuhkan pada Rusia menyusul operasi militer ke Ukraina," katanya.

Sanksi terbaru yang tengah dibicarakan belakangan ini terkait dengan sektor energi. Hal ini memicu lonjakan harga komoditas-komoditas energi, tertama minyak, gas dan batubara.

Hal tersebut memicu kekhawatiran terjadinya lonjakan inflasi, terutama di AS dan Eropa, yang dikhawatirkan menekan outlook pertumbuhan ekonomi di kedua kawasan.

"Hal serupa juga menjadi concern pelaku pasar di Indonesia, meski dalam skala yang berbeda," sambung Valdy. Pasalnya, nilai impor minyak dan gas Indonesia dari Rusia tidak sampai 0.5% dari total impor migas indonesia dalam beberapa tahun terakhir (2016-2021).(fj)