EmitenNews.com—PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk (SCNP) sebagai emiten yang bergerak di Industri peralatan rumah tangga dan perdagangan besar, pada 26 Desember 2022, telah melakukan penambahan modal kepada PT Onesteel Medikal Perkasa (OMP) sebagai entitas anak usahanya.

 

Merujuk keterangan resmi SCNP yang di kutip pada Jumat (30/12/2022) Donny T. Herwindo Direktur SCNP mengatakan, Perseroan memiliki 20.000 lembar saham atau senilai dengan Rp 2 miliar yang setara dengan 20 persen dari modal ditempatkan dan modal disetor pada OMP.

 

“OMP memerlukan peningkatan modal sebesar Rp1,5 miliar yang akan dibagi secara proporsional berdasarkan besaran persentase masing-masing pemegang sahamnya. Perseroan melaksanakan penyetoran saham dalam rangka peningkatan modal ditempatkan dan modal disetor OMP sebanyak 3.000 lembar saham atau senilai dengan Rp 300 juta,” ujar Donny.

 

Sumber dana yang digunakan Perseroan untuk melakukan saham kepada OMP, berasal dari kas internal Perseroan. OMP merupakan badan hukum Perseroan terbatas yang tunduk kepada hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkedudukan di Kabupaten Bogor. Sampai saat ini, OMP telah melaksanakan kegiatan usaha di bidang industri manufaktur komponen alat kesehatan.

 

Perseroan dan OMP tidak memiliki hubungan afiliasi apapun, sebagaimana afiliasi tersebut diatur di dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 42 /POJK.04/2020 tentang Transaksi Afiliasi dan Benturan Kepentingan. Perseroan memiliki tujuan untuk mendukung dan merealisasikan rencananya dalam diversifikasi bidang industri alat kesehatan sebagaimana telah diungkapkan di dalam Prospektus Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan.

 

“Alasan penambahan modal ini dilakukan oleh SCNP merupakan realisasi rencana Perseroan dalam hal diversifikasi kegiatan bidang industri alat kesehatan melalui pengambilan bagian dan penyetoran saham OMP dengan tujuan memperbaiki kesehatan dan kekuatan finansial Perseroan di masa mendatang,” tutup  Donny.

 

Adapun sebelumnya, Selaras Citra Nusantara (SCNP) menyewakan bangunan pabrik senilai Rp1,12 miliar. Pabrik yang disewakan tiga tahun itu, memiliki luas 1.038 meter persegi (m2). Bangunan pabrik tersebut disewakan kepada Onesteel Medikal Perkasa (OMP).

 

Bangunan itu berlokasi di kawasan pabrik milik perseroan di Jalan Narogong KM 19, Pasirangin, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat (Jabar). Bangunan itu disewakan untuk mendukung produksi jarum suntik garapan Onesteel Medikal Perkasa. Area itu, akan dimanfaatkan oleh Onesteel menjadi pabrik jarum suntik.


Transaksi itu dilatari pertimbangan agar lokasi area yang disewakan tidak jauh dari kantor pusat perseroan. Dengan begitu, memudahkan perseroan mengawasi pelaksanaan kegiatan produksi jarum suntik yang dilakukan Onesteel Medikal Perkasa. 


Sekadar informasi, Onesteel Medikal Perkasa usaha patungan (joint venture) antara One-Ject Indonesia, Bara Sehat Jaya, dan Selaras Citra Nusantara. Daftar pemegang saham Onesteel Medikal Perkasa per 31 Maret 2022 terdiri dari One-Ject Indonesia 55 persen, Bara Sehat Jaya 25 persen, dan Selaras Citra Nusantara 20 persen.