EmitenNews.com - Perusahaan yang bergerak di bidang alat konstruksi dan kendaraan berat dalam Astra Group, PT United Tractors Tbk (UNTR) mengumumkan bahwa dua entitas anak usahanya telah melakukan transaksi afiliasi jual beli saham.

 

Merujuk pada keterangan resmi UNTR, Selasa (28/9/2021) disebutkan, pada tanggal 21 September 2021 PT Universal Tekno Reksajaya (UTR) dan PT United Tractors Pandu Engineering (UTPE), keduanya anak perusahaan Perseroan, yang seluruh saham-saham yang telah dikeluarkan dimiliki oleh Perseroan baik langsung maupun tidak langsung, telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham.

 

“Sehubungan dengan penjualan seluruh saham milik UTR pada PT Universal Tekno Industri (UTI) yang setara dengan 99,99% dari total saham disetor dan ditempatkan pada UTI kepada UTPE,” ungkap Sara K.Loebis Corporate Secretary UNTR.

 

Sehubungan dengan Transaksi tersebut, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah mengeluarkan penerimaan pemberitahuan perubahan Data Perseroan melalui Surat Penerimaan Perubahan Data Perseroan No. AHU-AH.01.03-0451971 tertanggal 23 September 2021. Setelah melakukan Transaksi, maka kepemilikan saham UTPE pada UTI adalah sebanyak 9.999 lembar saham atau senilai Rp12.498.750.000. 

 

Hubungan afiliasi antara Perseroan, UTPE dengan UTR ditunjukkan dari kepemilikan saham Perseroan pada UTPE dan UTE dan kesamaan manajemen antara Perseroan, UTPE dan UTR pada saat dilakukannya Transaksi.

 

Tujuan Transaksi ini adalah untuk reorganisasi grup Perseroan, khususnya untuk portofolio bisnis yang bergerak di bidang industri. Pasca transaksi, UTI berada di bawah koordinasi UTPE, yaitu entitas usaha industri yang berkembang dan dipersiapkan sebagai upaya diversifikasi usaha Perseroan untuk menjelaskan kegiatan usaha industri, ujar Sara.