EmitenNews.com - Megapolitan Developments (EMDE) mengantongi dana segar senilai Rp1,23 triliun. Itu didapat dari penjualan lahan seluas 1.648.590 meter persegi (m2). Tanah tersebut berlokasi di Pasir Laja, Sukaraja, Bogor, Jawa Barat (Jabar). 

Landbank seluas itu, dilemmas kepada Ciputra Indah Griya Asri. Nah, untuk memastikan divestasi itu, perseroan telah meneken perjanjian kesepakatan bersyarat dengan Ciputra Indah Griya Asri pada Selasa, 9 Juli 2024. 

Divestasi lahan tersebut dilatari, dan dilandasi pertimbangan untuk menambah likuiditas, meningkatkan profitabilitas, meningkatkan modal kerja, dan mengurangi utang perseroan, dan anak usaha.

Dampak negatif transaksi terhadap perseroan yaitu mengurangi jumlah landbank yang data dikembangkan. Oleh karena itu, perusahaan harus berusaha untuk menambah landbank baru guna pengembangan di masa mendatang. 

Di sisi lain, transaksi itu akan memberi pengaruh signifikan kepada perseroan. Di antaranya akan menambah kas dari operasi, meningkatkan pendapatan, mendongkrak harga pokok penjualan, meningkatkan laba usaha, dan sebagian dana akan digunakan untuk melunasi utang kepada kreditur, dan untuk modal kerja.  

Transaksi itu, melebihi 50 persen dari ekuitas perseroan. So, transaksi harus mendapat restu investor via rapat umum pemegang saham. Oleh karena itu, perseroan akan mengadakan RUPS Luar Biasa pada 26 Agustus 2024 pukul 09.30 WIB. Rapat bertempat di Function Room, Gedung The Bellagio Residence, Kawasan Mega Kuningan Barat, Jakarta Selatan. (*)