EmitenNews.com - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi destinasi wisata halal dunia menemukan momentumnya. Pemerintah Provinsi setempat bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) mempercepat kerja besar itu, guna mendorong pertumbuhan ekonomi Negeri Serumpun Sebalai itu.

 

"Kami melalui berbagai kebijakan, dana hibah dan kegiatan lainnya mendukung MUI dalam menjadikan Babel sebagai destinasi wisata halal dunia," kata Kepala Kesra Setda Provinsi Kepulauan Babel, Saimi saat membuka sosialisasi sertifikasi halal di Pangkalpinang, Jumat (13/10/2023).

 

Pemprov Kepulauan Babel berkomitmen dan mendukung kegiatan-kegiatan MUI dalam mensertifikasi produk halal UMKM, guna melindungi masyarakat dari produk-produk tidak halal sekaligus mendorong Babel menjadi destinasi wisata halal dunia pada 2024.

 

"Pada 17 Oktober 2024 nanti semua produk makanan dan minuman UMKM harus sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI," ujarnya.

 

Dalam mensertifikasi produk UMKM halal ini tidak mudah dan tidak cukup melalui kegiatan-kegiatan sosialisasi saja kepada masyarakat.

 

Menurut Saimi, perlu kerja sama dan sinergi antara pemerintah provinsi, kabupaten, kota, MUI dan pelaku usaha, agar masyarakat paham dan memiliki kesadaran untuk mensertifikasi halal produk yang dihasilkannya. ***