EmitenNews.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) memiliki program andalan untuk mendukung pembangunan yang keberlanjutan. Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid mengungkapkan, pihaknya siap dengan dua program andalan seputar keberlanjutan adalah Kadin Net Zero Hub dan Sub-Hub Bisnis Kehutanan.

 

Dalam Indonesia Sustainability Forum yang digelar di Jakarta, Kamis (7/9/2023), Arsjad Rasjid menyebutkan, Net Zero hub adalah platform yang bertindak untuk mencapai emisi nol bersih yang memungkinkan bisnis untuk mencapai nol emisi.

 

Sedangkan sub-hub bisnis kehutanan regeneratif adalah platform multipemangku kepentingan yang mempromosikan kehutanan multiperusahaan di hutan lestari manajemen yang melibatkan petani, LSM, pemerintah dan dunia usaha.

 

Arsj Rasjid yang menjadi Ketua ASEAN Business Advisory Council (BAC) pada gelaran KTT ke-43 ASEAN ini menyebut, ASEAN BAC memiliki program yang disebut Pusat Keunggulan Karbon ASEAN. Ini menjadi platform bagi para pemangku kepentingan untuk berbagi praktik terbaik pada pasar karbon dan perdagangan karbon serta menerapkan standar di seluruh ASEAN.

 

Hal itu seiring dengan versi Net Zero Hub diperluas yang ditujukan untuk wilayah ASEAN. ***