EmitenNews.com– PT Eastspring Investments Indonesia (“Eastspring Indonesia”) bekerjasama dengan PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) atau (BNII) menambahkan fitur baru yang akan makin memudahkan investor dalam berinvestasi Reksa Dana, dengan membebaskan investor dari biaya pembelian (subscription) dan biaya Penjualan Kembali diatas satu tahun (redemption), fitur Deferred Sales Charge (“DSC”) ini diharapkan dapat melengkapi komitmen Eastspring Indonesia dan Maybank Indonesia yang telah bekerjasama sejak 1 September 2020. 

Presiden Direktur Eastspring Indonesia, Alan J. Tangkas Darmawan mengatakan, Fitur DSC merupakan komitmen Eastspring Indonesia dalam memberikan solusi investasi yang relevan untuk menciptakan diferensiasi produk pada industri Reksa Dana yang bertujuan untuk melindungi kepentingan keuangan investor dalam jangka waktu investasi yang lebih panjang. 

 

“Kami berharap dapat membantu investor dalam mengembangkan portofolio investasi melalui produk Reksa Dana Eastspring Indonesia, yang mana sejalan dengan tujuan kami yaitu ‘For Every Life, For Every Future’ yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman kami di Asia,” jelas dia. 

Adapun fitur DSC mencakup produk reksa dana Eastspring Indonesia yang dipasarkan melalui Maybank, antara lain: Reksa Dana Pendapatan Tetap yaitu Eastspring Investments Yield Discovery, Eastspring Investments IDR High Grade dan Eastspring Investments Syariah Fixed Income USD; Reksa Dana Saham yaitu Eastspring Investments Alpha Navigator, Reksa Dana Indeks yaitu Eastspring IDX ESG Leaders Plus, Reksa Dana Saham Syariah yaitu Eastspring Syariah Greater China Equity USD. 

 

Dari total enam produk Reksa Dana Eastspring Indonesia yang tersedia, tersedia tiga produk Reksa Dana Saham yang merupakan produk dengan profil risiko tinggi yang cocok bagi investor jangka panjang. Adapun untuk tiga Reksa Dana Pendapatan Tetap yang dijual memiliki profil risiko pendek menengah. 

Head of Wealth Management Maybank Indonesia, Aliang Sumitro menyambut baik penambahan fitur DSC pada Reksa Dana Eastspring Indonesia dan menilai bahwa fitur ini sejalan dengan misi Bank, Humanising Financial Services.

 “Fitur DSC ini memungkinkan nasabah investor Maybank Indonesia untuk mengembangkan investasinya dengan cost yang lebih efisien. Kami juga optimistis fitur DSC Reksa Dana Eastspring Indonesia ini dapat mendorong serta meningkatkan minat investor dalam berinvestasi di Reksa Dana dengan lebih cermat serta tepat sasaran sesuai dengan tujuan serta profil risikonya,” ungkap Aliang Sumitro. 

Dalam pengelolaan produk Reksa Dana, Eastspring Indonesia menjalankan prinsip investasi berkelanjutan dengan berinvestasi pada saham-saham perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang memiliki dan menerapkan unsur Environmental, Social, Governance (ESG) serta memberikan dampak positif bagi lingkungan dan manfaat bagi generasi selanjutnya di masa depan. 

Tujuan penting ini memperkuat komitmen kami untuk membawa lebih banyak dampak positif bagi klien, mitra, pemegang saham dan masyarakat. Eastspring Indonesia menjadi bagian penting dari perencanaan keuangan masyarakat dan senantiasa memberikan berbagai solusi perlindungan yang berkualitas. Kami berharap dapat terus memberikan solusi investasi yang relevan bagi para investor.