EmitenNews.com - PT Buyung Poetra Sembada Tbk. (HOKI) menyiapkan capex atau belanja modal Rp15 miliar untuk pengembangan bisnis Fast Moving Consumers Goods (FMCG), yaitu DailyMeal. Emiten produksi dan distribusi beras itu menyiapkan anggaran pengembangan bisnis FMCG, untuk pembelian tanah, hingga membangun pabrik baru di Jawa Tengah. Ekspansi kapasitas produksi itu sejalan dengan pesatnya perkembangan produk DailyMeal.

Produsen beras ternama merek ‘Topi Koki’ yang tercatat di Bursa Efek Indonesia sudah memulai proses pembangunan pabrik untuk produk DailyMeal tersebut. Perseroan menargetkan pembangunan selesai dan beroperasi pada pertengahan tahun 2025.

Dalam keterangannya Selasa (25/6/2024), Direktur HOKI, Budiman Susilo mengatakan, sejauh ini proses transformasi bisnis HOKI ke sektor FMCG (Fast Moving Consumers Goods) berjalan pesat, dan selalu di jalur perkembangan yang direncanakan. Pesatnya pertumbuhan penjualan produk DailyMeal menunjukkan bahwa produk baru HOKI sangat prospektif. 

“Karenanya, pembangunan pabrik baru ini merupakan keputusan tepat, untuk menyongsong terus meningkatnya laju pertumbuhan penjualan produk DailyMeal,” ujar Direktur HOKI, Budiman Susilo.

Keputusan Perseroan untuk memasarkan produk beras khusus DailyMeal, yaitu beras sehat (DailyMeal Rice) itu dilandasi hasil observasi yang menunjukkan bahwa semakin banyak anggota masyarakat yang peduli terhadap kesehatan dan kepraktisan. 

DailyMeal Rice adalah produk beras sehat alternatif berupa beras jagung, beras singkong, dan beras merah yang pulen. 

Produk DailyMeal Rice ini memiliki indeks glikemik yang rendah, serat yang tinggi, serta bebas gula. Oleh karenanya bisa menjadi alternatif yang baik untuk penderita diabetes dan konsumen yang ingin mengubah pola hidup lebih sehat.

RUPS setujui pembagian dividen senilai Rp9,6 miliar

Sementara itu, dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang berlangsung hari ini, Selasa (25/6/2024), para pemegang saham Perseroan menyetujui pembagian membagikan senilai Rp Rp9.677.752.680 sebagai dividen. 

Dengan demikian, setiap pemegang satu lembar saham akan menerima dividen sebesar Rp1. Cum date dividen jatuh pada 5 Juli 2024 dengan pembayaran dividen akan dilaksanakan tanggal 26 Juli 2024.

“Sejak IPO atau penawaran perdana saham kepada publik, HOKI telah secara konsisten membagikan dividen. Ini merupakan wujud apresiasi dan komitmen kuat kami kepada para investor,” ujar Budiman Susilo.

HOKI menunjukkan kinerja yang semakin baik. Pada kuartal pertama 2024 ini Perseroan membukukan penjualan sebesar Rp500,1 miliar. Hasil penjualan tersebut meningkat 15,6% dibandingkan dengan pencapaian di kuartal pertama 2023 yang Rp432,6 miliar.

Meningkatnya harga jual produk beras dan mulai stabilnya harga bahan baku Perseroan telah menjadi faktor penting yang mendorong pertumbuhan penjualan HOKI. 

Di sisi lain, pertumbuhan tersebut juga didorong oleh penjualan DailyMeal yang terus meningkat, hingga bisnis investasi dan bisnis renewable energy dari sekam padi yang konsisten memberikan kontribusi positif dan efisiensi bagi perusahaan. 

HOKI juga berhasil membukukan peningkatan signifikan pada laba bersihnya menjadi sebesar Rp15,2 miliar, dibandingkan Rp479,4 juta di periode yang sama tahun lalu.

Dengan memperhatikan perkembangan penjualan yang menjanjikan tersebut, tahun ini HOKI menargetkan penjualan bertumbuh sebesar 10% dengan profitabilitas yang lebih baik dibandingkan tahun lalu. (Eko Hilman). ***