EmitenNews.com - PT. J Resources Asia Pasifik Tbk. (PSAB) telah melakukan kegiatan eksplorasi yang dilakukan oleh anak-anak perusahaannya pada bulan Februari 2021.

 

Corporate Secretary PT. J Resources Asia Pasifik Tbk Edi Permadi menyampaikan bahwa kegiatan Eksplorasi dilakukan oleh PT. J Resources Bolaang Mongondow (JRBM), PT Sago Prima Pratama (SPP), PT Arafura Surya Alam (ASA) dan PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM) dan Total biaya yang dihabiskan adalah sebesar USD627,911. Adapun kegiatan eksplorasi anak usaha tersebut adalah.


1. PT. J Resources Bolaang Mongondow (JRBM)

Eksplorasi dikerjakan di Blok Bakan Kabupaten Bolaang Mongondow dan Desa Tobayagan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara. kegiatan eksplorasi masih dilakukan di area Jalina-Tapagale dan kegiatan eksplorasi yang dilakukan adalah melanjutkan kegiatan pengeboran inti, channel sampling dan pemetaan geologi.

 

Pada bulan Februari, kegiatan pemetaan geologi permukaan dilakukan di area Barat Tapagale, dimana kegiatan ini bertujuan untuk mengkonfirmasi hasil survey geofisika yang mengindikasikan adanya data anomali dengan nilai resistivity yang tinggi sampai anomali sedang yang berkorelasi dengan alterasi silika maupun alterasi argillik lanjut pada area Barat Tapagale. Biaya Eksplorasi yang dikerjakan ini menghabiskan biaya US$482,972.


2.PT Sago Prima Pratama (SPP)

Area SPP terbagi atas Bukit Seruyung sebagai prospek utama, Bukit Ada Isut, Dulun (Bukit Patak dan Bukit Menini), Bukit Harapan dan bukit Kapur. Pada bulan Februari ini, kegiatan eksplorasi masih difokuskan pada support produksi dalam kegiatan pemetaan geologi di area Western Breccia dan Main Silica. Dari hasil kompilasi data eksplorasi dengan data dari production geology (pit mapping dan drill blast) dapat terlihat masih adanya potensi ore di bagian selatan Western Breccia. Biaya Eksplorasi yang dikerjakan ini menghabiskan biaya US$27,052.


3.PT Arafura Surya Alam (ASA)

Aktivitas eksplorasi ASA dilakukan di daerah Doup, Desa Kotabunan, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan eksplorasi yang dilakukan pada bulan ini adalah melakukan studi geokimia mengenai uji pelindian kolom kinetik lapangan, menyusun dummy wireframe terukur untuk usulan pengeboran, preparasi contoh metalurgi untuk pengujian conto GRG+CIL dari deposit Panang, pengeboran untuk DED pengalihan sungai yang dilakukan oleh konsultan, melanjutkan kegiatan preparasi dan analisa PXRF dan QAQC, serta survey pengukuran hidrologi dan hidrogeologi.. Biaya Eksplorasi yang dikerjakan ini menghabiskan biaya US$43,223.


4.PT Gorontalo Sejahtera Mining (GSM)

“Kegiatan eksplorasi GSM dilakukan di Blok Pani, dimana lokasi kegiatan eksplorasi tersebut secara administrasi termasuk dalam wilayah Desa Hulawa, Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo dan di Blok Bolangitang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulawesi Utara”, tulis Edi Permadi dalam keterbukaan informasi BEI Jumat (12/3).

 

Pada bulan Februari, kegiatan eksplorasi di Blok Pani masih melanjutkan kajian ulang pada prospek yang telah dilakukan pengeboran dan dilakukan juga kegiatan pemetaan geologi terbatas di Prospek North Nanasi. Sedangkan di Blok Bolangitang masih melanjutkan kegiatan monitoring lokasi rencana tapak bor program pengeboran tahun 2020 serta pekerjaan studio pembaharuan model geologi dari hasil dari pemetaan geologi pada bulan sebelumnya guna menunjang rencana pengeboran tahun 2021. Biaya Eksplorasi yang dikerjakan ini menghabiskan biaya US$74,664