EmitenNews.com - Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari (ELPI) mendapat kontrak USD25,9 juta alias Rp420,46 miliar. Itu didapat dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dengan durasi 5 tahun hingga tahun 2029. Oleh karena itu, ELPI menyediakan 2 unit kapal jenis Anchor Handling Tug Supply (AHTS).

Chief Operating Officer (COO) ELPI Dave Ritandhaka menjelaskan kapal AHTS tersebut telah dijadwalkan on hire pada Agustus 2024 di wilayah perairan Lamongan Shorebase untuk mendukung pekerjaan lepas pantai pada FSO Operating area di wilayah Tuban-Jawa Timur khususnya FSO Gagak Rimang, Terminal Khusus Banyu Urip Marine Terminal. 

“Kontrak itu, kami dapatkan setelah memenangkan tender pada ExxonMobil dengan proses tender sejak Maret 2024 diikuti marine contractor lainnya. Kami bersyukur, dan bangga ELPI mendapat kepercayaan tersebut. Tentu EXXON telah melihat kinerja ELPI selama ini. Dan, ELPI telah membuktikan salah satu kinerja dengan memenangkan Best Safety Contractor pada EXXON selama 3 tahun berturut-turut.” tambah Dave Ritandhaka 

Sesuai timeline tender yang ditentukan, Bid submission dan Vessel Inspection Tender Process dilakukan ELPI medi April 2024, dilanjutkan dengan awarding Mei 2024, dan Proses OVID pertengahan Juni 2024. Awal Agustus 2024, kapal AHTS dalam proses on hire di wilayah Lamongan Shorebase dengan pekerjaan lifting, towing, hose handling & mooring, Field Maintenance Support, Cargo Transport Service serta service lainnya yang menunjang kegiatan offshore project EMCL tersebut,” tambah Zulfiqar Rachim, Marketing Comercial ELPI

Sepanjang 2024, ELPI telah mendapat kontrak baru maupun perpanjangan kontrak eksisting dari beberapa K3S yang berkontribusi pertumbuhan pendapatan tahun ini. Kinerja keuangan positif memicu fundamental ELPI makin menguat telah mampu meningkatkan kepercayaan Investor. 

Itu tercermin dari lonjakan harga saham ELPI pada penutupan perdagangan Jumat, 2 Agustus 2024 lalu. Meski IHSG tercatat melemah namun harga saham ELPI mencapai harga tertinggi di posisi Rp316 per saham, meningkat 38 persen dibanding tahun lalu Rp228 per lembar,” tegas Wawan Heri Purnomo, Corporate Secretary ELPI.

Pada 6 Agustus 2024, bilang Wawan ada momen penting bagi ELPI yaitu Peletakan Lunas (Keel Laying) kapal Multicat Hybrid, merupakan komitmen ELPI mewujudkan program ESG Initiativenya dengan mengoptimalkan berbagai fungsi kapal menjadi satu jenis kapal. 

”Jadi award ESG minggu lalu dapat publik lihat komitmen ELPI atas ESG Impact, dan publik dapat mengetahui bentuk multichat hybrid sesungguhnya, dan sumbangsih reduction dari emisi carbon 39,01 persen adalah nyata dilakukan ELPI,” ucap Wawan. (*)