EmitenNews.com - PT Bank Tabungan Negara (BBTN) terus meningkatkan kemitraan dengan berbagai instansi, dan lembaga. Kali ini, Bank BTN bersinergi dengan UPN Veteran Jakarta. Kolaborasi itu, merupakan kemitraan strategis tidak sekadar pengembangan bisnis namun juga misi edukasi untuk civitas akademika.


Sebagai wujud sinergi itu, Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo, dan Rektor UPN Veteran Jakarta Dr. Erna Hernawati, meneken Memorandum of Understanding (MoU), dan penekenan perjanjian kerja sama BTN Solusi. ”Ini bentuk komitmen meningkatkan kapasitas operasional mitra Bank BTN bidang pendidikan, mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, dan implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sejalan arahan dan prioritas Menteri BUMN untuk mendukung peningkatan generasi muda unggul melalui pendidikan,” tutur Haru, di Depok, Jawa Barat, Rabu (20/7).


Perseroan tidak hanya mendukung layanan perbankan BTN Solusi namun juga memberi dukungan kepada UPN Veteran Jakarta dalam pengembangan sumber daya manusia, dan pengembangan sistem informasi tata kelola pendidikan. Antara lain pemanfaatan produk, dan layanan jasa perbankan melalui sistem teknologi transaksi keuangan, penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, penyelenggaraan program kampus merdeka, penyelenggaraan kuliah umum bagi mahasiswa atau mahasiswi perguruan tinggi, dan lain sebagainya. 


Khusus untuk pemanfaatan produk layanan, Bank BTN dengan fokus pembiayaan perumahan, dan menjadi mitra pemerintah dalam mengurangi backlog perumahan Indonesia saat ini mencapai 12,75 juta, Bank BTN perlu menggandeng stakeholder untuk meningkatkan akses pembiayaan perumahan bagi masyarakat khususnya generasi millenial maupun generasi Z. 


Dengan demikian, perlu dukungan seluruh stakeholder untuk meningkatkan akses pembiayaan perumahan bagi masyarakat, khususnya generasi milenial maupun generasi Z mendominasi populasi Indonesia. Soal itu, Bank BTN dan UPN Veteran Jakarta memiliki kesamaan kepedulian pada generasi muda. Kalau UPN Veteran Jakarta fokus pada kualitas pendidikan generasi muda, BTN fokus agar generasi milenial dapat memiliki rumah layak. ”Rumah pusat pendidikan sejak dini. Rumah layak, dengan akses air, listrik, sanitasi, transportasi, dan fasilitas memadai akan mendukung proses pendidikan,” ucapnya.


Sementara Rektor UPN Veteran Jakarta Erna Hernawati menaruh harapan besar kerja sama dengan Bank BTN. ”Kami berharap BTN dengan pengalaman bidang perbankan sangat bermanfaat, dan diperlukan UPN Veteran Jakarta,” harap Erna.


BTN bukan bank baru, dan lebih dikenal daripada bank lain, terutama dalam pelayanan pembiayaan perumahan. BTN berkontribusi besar bagi bangsa, terutama membantu pembiayaan perumahan bagi para pegawai negeri sipil. Sebagai sebuah institusi perbankan, BTN merupakan tempat bagi para praktisi yang berkompeten. 


Para praktisi diharap berkontribusi dengan membagi pengalaman, dan kompetensi kepada mahasiswa UPN Veteran Jakarta. ”Tentu tidak hanya praktisi bidang perbankan, tetapi juga bisa bidang HRD, kesehatan, dan lain-lain. Jadi, praktisi BTN tidak hanya mengajar di Fakultas Ekonomi, dan Bisnis,” tukas Erna. (*)