EmitenNews.com - Gary Burnison, CEO Korn Ferry, salah satu perusahaan konsultasi organisasi terbesar di dunia, menilai hampir 30 ribu orang di entry level, mid level, dan C-suite level untuk menentukan apa yang diperlukan untuk menjadi hebat di setiap level.


Melansir CNBC Make It, Kamis (14/10/2021), Burnison yang telah menjabat posisi CEO selama 14 tahun membagi pemimpin terbaik memiliki empat keterampilan utama. Di antaranya kemampuan beradaptasi, keingintahuan, berorientasi pada detail, dan toleransi ambiguitas.


Kemampuan beradaptasi mampu menyesuaikan diri dengan kendala dan bangkit dari kesulitan. Keingintahuan memiliki keinginan untuk mencapai pemahaman yang mendalam tentang berbagai hal dan memahami bagaimana mensintesis informasi yang kompleks.


Berorientasi pada detail memiliki kemampuan untuk secara sistematis melaksanakan tugas yang diberikan dengan pemahaman tentang prosedur dan pentingnya ketepatan. Toleransi ambiguitas menjadi nyaman dengan ketidakpastian dan bersedia untuk membuat keputusan dan rencana dalam menghadapi informasi yang tidak lengkap.


Setelah keempat sifat dihubungkan satu sama lain dengan kinerja dalam konteks menangani situasi baru dan tidak pasti, tergantung pada tingkat pengalaman individu.

 

Berorientasi pada detail kunci bagi manajer entry levell 

Semakin besar fokus pada detail di entry level, semakin banyak rekan kerja dan bos dapat mengandalkan tugas yang diselesaikan secara menyeluruh dan akurat. Faktanya, orientasi detail sangat penting, ini adalah "puncak" bagi karyawan entry level yang berkinerja tinggi.

 

Manajer mid level harus fokus pada pendelegasian

Kinerja tinggi manajer mid level terlihat dari kemampuannya mendelegasikan tugas kepada orang lain. Seorang pemimpin mid level atau senior yang secara pribadi terjebak dalam perincian tidak efektif untuk fokus pada strategi.

 

C-suite toleran terhadap ambiguitas

Pada tingkat C-suite, pemimpin berkinerja tinggi sangat mudah beradaptasi dan toleran terhadap ambiguitas. Mereka tidak hanya bereaksi terhadap perubahan tetapi juga memulainya. (LW). ***