EmitenNews.com - PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA) melalui anak usahanya, PT Sinar Eka Selaras Tbk. (ERAL) atau SES, telah melakukan penyetoran tambahan modal pada perusahaan afiliasinya, PT MST Golf Indonesia (MGI). Penyetoran modal ini dilakukan untuk mempertahankan kepemilikan SES di MGI.

Amelia Allen, Kepala Bidang Hukum dan Corporate Secretary ERAA, menjelaskan bahwa SES telah menyetor 15.729 lembar saham baru MGI dengan nilai nominal Rp1 juta per saham, atau setara Rp15,7 miliar. 

"Transaksi ini menggunakan dana dari kas internal SES," ungkap Amelia dalam keterangannya, Senin (21/10).

Dengan adanya penyetoran modal ini, modal ditempatkan dan disetor MGI meningkat dari semula Rp128 miliar menjadi Rp160 miliar. Kepemilikan saham ERAA di MGI tetap sebesar 49%, sedangkan 51% sisanya dipegang oleh pemegang saham lainnya.

Perubahan modal tersebut telah disahkan dalam Akta Pernyataan Keputusan Para Pemegang Saham MGI No. 03, yang dibuat di hadapan Notaris Fandi Aryana, S.H., M.Kn. di Kota Cilegon. 

Akta ini telah mendapat persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM RI melalui Surat Penerimaan Pemberitahuan Perubahan Anggaran Dasar Perseroan pada 18 Oktober 2024.

SES, yang dimiliki langsung oleh ERAA sebesar 80%, merupakan perusahaan terafiliasi ERAA. Sementara itu, kepemilikan ERAA di MGI dilakukan secara tidak langsung melalui SES, dengan porsi sebesar 49%.

Amelia menambahkan bahwa transaksi penyertaan modal ini tidak memiliki dampak material terhadap kegiatan operasional, kondisi keuangan, atau aspek hukum ERAA.