EmitenNews.com - Emiten produsen kertas karton coklat PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FASW), produsen kertas untuk kemasan, telah menandatangani perjanjian pinjaman antar perusahaan dengan anak usahanya, PT Dayasa Aria Prima (DAP).

Menurut keterangan Marco Hardy, Sekretaris Perusahaan FASW, DAP merupakan anak usaha yang 99,9% sahamnya dimiliki oleh FASW dan telah beroperasi secara komersial di industri kertas sejak 2018.

FASW memberikan pinjaman sebesar USD50 juta atau sekitar Rp755,98 miliar (dengan kurs Rp15.119,6 per dolar). Pinjaman ini diberikan untuk jangka waktu tiga tahun dan ditujukan untuk mendukung pembiayaan modal kerja DAP.

Meski memberikan pinjaman dalam jumlah besar, laporan keuangan FASW per 30 Juni 2024 mencatat bahwa perusahaan hanya memiliki kas dan setara kas sebesar Rp64,73 miliar.

Namun, FASW sebelumnya telah memperoleh fasilitas pinjaman sebesar Rp2,25 triliun dari PT Bank Permata Tbk (BNLI) pada Maret 2024, yang memperkuat kemampuan keuangan perusahaan untuk mendukung ekspansi bisnis.

Pinjaman antar perusahaan ini diharapkan dapat memperkuat posisi DAP dalam industri manufaktur kertas dan mendukung pertumbuhan FASW dalam menghadapi permintaan pasar kemasan yang terus meningkat di Indonesia.