mark dynamics indonesia
victoria sekuritas

Fitch Afirmasi Bank KB Bukopin (BBKP) di 'AAA(idn)' Outlook Stabil

18/06/2022, 13:40 WIB

Fitch Afirmasi Bank KB Bukopin (BBKP) di 'AAA(idn)' Outlook Stabil

EmitenNews.com—Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Bank KB Bukopin, Tbk (KB Bukopin) di 'AAA(idn)' dengan Outlook Stabil.


Peringkat Nasional 'AAA (idn)' menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh lembaga tersebut dalam skala Peringkat Nasional untuk negara tersebut. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau obligasi dengan ekspektasi risiko gagal bayar yang paling rendah dibandingkan dengan semua emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama.


Peringkat Berbasis Dukungan: Peringkat Nasional Jangka Panjang KB Bukopin mencerminkan ekspektasi Fitch bahwa dukungan luar biasa kemungkinan besar akan mengalir dari induk bank dengan peringkat lebih tinggi, Kookmin Bank (A/Stabil/a) yang berbasis di Korea Selatan, jika diperlukan.


Terkait dengan VR Induk: Peringkat KB Bukopin berlabuh ke Viability Rating (VR) induknya, karena kami yakin ada cukup ketidakpastian mengenai apakah dukungan luar biasa dari pemerintah Korea akan mengalir melalui Kookmin Bank ke KB Bukopin. Sebaliknya, kami percaya dukungan akan datang dari sumber keuangan Kookmin Bank sendiri.


Kemampuan yang Cukup Besar untuk Mendukung: Kookmin Bank memiliki kemampuan yang kuat untuk mendukung anak perusahaannya di Indonesia, mengingat kekuatan kredit yang berdiri sendiri dan ukuran KB Bukopin yang tidak material dibandingkan dengan induknya. Total aset KB Bukopin mencapai kurang dari 2% dari aset konsolidasi Kookmin Bank pada akhir tahun 2021.


Pasar Luar Negeri yang Penting Secara Strategis: Kami percaya bahwa kecenderungan Kookmin Bank untuk memberikan dukungan kepada anak perusahaan, jika diperlukan, cukup besar. Indonesia menawarkan peluang bisnis pertumbuhan dan marjin bersih yang berpotensi lebih tinggi bagi induk perusahaan, dan kami berharap sinergi dan integrasi antara kedua bank dapat tumbuh seiring waktu. Induk mengakuisisi saham mayoritas di KB Bukopin meskipun kinerja keuangannya lemah dalam beberapa tahun terakhir dan telah berusaha untuk mengubahnya menjadi anak perusahaan perbankan komersial dengan branding induk.


Dukungan Orang Tua Biasa yang Stabil : Dukungan permodalan dan likuiditas Kookmin Bank yang berkelanjutan telah membantu KB Bukopin memulihkan likuiditas menyusul hilangnya simpanan, serta mengurangi dampak pelemahan kualitas aset akibat pandemi Covid-19. KB Bukopin terus mencatat kinerja yang lemah, tetapi penilaian dukungan kami juga mempertimbangkan kepemilikan 67% induk perusahaan, yang diharapkan semakin penting dalam grup dan penunjukan perwakilan Korea Selatan ke dewan direksi.


Author: Rizki