EmitenNews.com - Bank Tabungan Negara (BBTN) kembali hadir dengan inovasi terbaru. Kali ini, BTN membidik para pebisnis muda. Itu dengan merilis Internet Banking Business (IBB). 

Tidak hanya itu, bank yang baru saja mengubah logo ini juga menampilkan fitur terbaru BTN mobile yaitu Money Changer dan Investasi Reksadana. Kehadiran produk digital dan fitur teranyar itu, siap membantu Sahabat BTN dalam mengelola keuangan dengan lebih efektif, dan efisien. 

Direktur Distribution and Institutional Funding BTN, Jasmin menjelaskan Internet Banking Business (IBB), salah satu produk digital terbaru BTN dikembangkan untuk memudahkan para pelaku bisnis perorangan maupun perusahaan khususnya untuk kategori kecil, menengah dalam melakukan pengelolaan keuangan, transaksi lebih aman, dan nyaman. 

“Melalui BTN IBB Sahabat BTN dapat melakukan limitasi transaksi lebih besar dengan single ataupun multiple authorization, fleksibilitas registrasi, transaksi dapat dilakukan secara bulking, dan adanya kewenangan berjenjang untuk masing-masing transaksi,” kata Jasmin, di Jakarta, Rabu (3/4). 

Direktur Information Technology, Andi Nirwoto menambahkan, lahirnya produk BTN IBB didasarkan pada upaya untuk memenuhi kebutuhan nasabah, terutama bagi yang sedang mengembangkan bisnis usaha kecil hingga menengah. “Kondisi itu, memotivasi BTN untuk mengembangkan produk digital dengan layanan komprehensif yaitu BTN Internet Banking Business” ujar Andi Nirwoto. 

Menurut Andi berbagai kemudahan akan didapat nasabah dengan layanan BTN IBB. Antara lain nasabah dapat melakukan transfer dana antar-rekening bisnis dengan mudah, melacak transaksi bisnis secara real time, mengelola daftar penerima, dan pengirim secara fleksibel. “Cara mengakses fitur baru itu, login ke aplikasi menggunakan akun Internet Banking Bisnis sudah didaftarkan melalui Customer Service Bank BTN,” paparnya. 

Selain meluncurkan produk digital baru, rencananya, BTN juga menghadirkan inovasi pada produk digital unggulan yaitu Super Apps BTN Mobile, dengan fitur Investasi Reksadana, dan Online Money Changer. “Melalui fitur Reksadana, nasabah menentukan portofolio investasi berdasar analisa profil risiko yang telah dilakukan” kata SEVP Digital Business BTN, Thomas Wahyudi. 

Thomas mengungkapkan, dengan fitur reksadana, nanti nasabah dapat menikmati kemudahan berinvestasi melalui BTN Mobile. Adapun akses dalam fitur itu, antara lain informasi terkini reksadana, kemudahan pembelian, penjualan reksadana, hingga melakukan pemantauan portofolio investasi secara real time. Untuk menggunakan fitur baru itu, nasabah perlu memperbaharui aplikasi BTN Mobile ke versi terbaru pada market store. 

Fitur lainnya akan menghiasi BTN Mobile yaitu Online Money Changer. Melalui fitur itu, nasabah akan difasilitasi dengan penukaran mata uang asing secara online khususnya untuk mata uang US Dollar. Nasabah dapat melakukan transaksi penukaran mata uang asing dengan harga kompetitif, dan melacak riwayat transaksi tukar menukar mata uang. 

Kehadiran berbagai inovasi pada fitur-fitur terbaru BTN Mobile mampu meningkatkan penggunaan aplikasi nasabah. Itu dibuktikan dari peningkatan jumlah transaksi pada Januari 2024 tumbuh sekitar 183 persen jika dibanding dengan periode sama pada tahun sebelumnya. (*)