EmitenNews.com - Industri data center Indonesia perlu peningkatan standar berkualitas internasional.    Menurut Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) Rosan Perkasa Roeslani mengatakan, peningkatan mutu diperlukan untuk menggaet pelanggan mancanegara.

 

Dalam kunjungannya ke Hyperscale Data Center milik Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (16/10/2023), Rosan Perkasa Roeslani mengatakan, selain bertujuan menggaet pelanggan internasional, pelaku usaha juga harus memahami peraturan dan kebijakan yang sejalan dengan apa yang berkembang di luar negeri.

 

"Pertama-tama kita harus meningkatkan standar kita juga, tapi standar yang saya lihat ini sudah sangat baik dan berstandar internasional. Ya kita memang juga harus memahami peraturan dan policy yang inline dengan luar," ujar Wamen BUMN Rosan Perkasa Roeslani.

 

Indonesia juga perlu melakukan penyesuaian kebijakan yang menarik minat calon pelanggan baik yang berada di Indonesia maupun luar negeri. Hal ini penting, guna menumbuhkan industri data center.

 

Peningkatan industri data center tidak hanya harus dilakukan oleh Telkom Data Ekosistem (NeutraDC), anak usaha TelkomGroup, tetapi juga kementerian dan lembaga terkait lainnya. ***