EmitenNews.com - PT Bank Tabungan Negara (BBTN) melalui Unit Usaha Syariah (UUS) melebarkan sayap bisnis ke Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Perluasan bisnis di Tanah Minang itu, dilakukan dengan pembukaan Kantor Cabang Syariah (KCS) di Kota Padang.


Bank BTN makin gencar membuka outlet baru di daerah yang menjadi pusat perkembangan ekonomi syariah, setelah Bengkulu, dan Jambi kini Padang, Sumbar. Pembukaan KCS itu, akan menjadi  kontributor andalan BTN Syariah karena potensi Kota Padang sebagai destinasi halal terbaik dunia versi Global Muslim Travel Index 2019.


”Peluang perbankan syariah Sumbar untuk tumbuh sangat besar karena pengembangan industri halal, pengembangan sektor perdagangan, dan pariwisata menjadi penyokong utama ekonomi di Padang. Di samping itu, masyarakat Padang mayoritas berpenduduk muslim sudah terbiasa hidup dengan prinsip syariah,” tutur Direktur Consumer and Commercial Lending Bank BTN, Hirwandi Gafar, di Padang, Selasa (28/12).


Untuk menangkap, dan mengembangkan potensi Padang, Bank BTN dapat memaksimalkan peran sebagai agent development yang tepat. Apalagi, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) potensi pembiayaan dan ruang ekspansi pembiayaan perbankan syariah di Sumbar tergolong sangat besar. Itu tercermin dari rasio likuiditas atau financing to deposit ratio (FDR) perbankan syariah Sumbar cukup baik 77,49 persen per September 2021, lebih tinggi dari FDR perbankan syariah nasional 75,26 persen. ”Artinya, ruang untuk ekspansi pembiayaan masih terbuka lebar, karena bank syariah punya likuiditas lebih dari cukup untuk ekspansi,” ucap Hirwandi.


Kantor Cabang Syariah di Padang adalah KCS ke-29. Outlet BTN Syariah berjumlah 97 unit. Terdiri dari 29 KCS, 61 Kantor Cabang Pembantu Syariah, 7 Kantor Kas Syariah, dan 699 Kantor Layanan Syariah. Bank BTN memiliki spesialisasi sektor properti akan menjadi istimewa karena perbankan syariah ada di Sumbar saat ini tidak memiliki kapasitas khusus seperti Bank BTN. 


Peluang UUS BTN untuk memfasilitasi pembiayaan perumahan juga menjanjikan mengingat pertambahan penduduk Sumbar terus mengalami peningkatan tiap tahun. ”Kami akan membuka kerja sama dengan para developer, lembaga maupun institusi untuk bersama-sama mengatasi backlog perumahan di Sumbar,” tegas Hirwandi.


Sebagai Bank terdepan dalam menyalurkan program subsidi perumahan dari pemerintah, Bank BTN termasuk UUS BTN senantiasa memberi akses, dan pelayanan pembiayaan terbaik bagi masyarakat. ”Kami berharap kehadiran UUS BTN di Padang akan menjadi pilihan utama masyarakat untuk mewujudkan rumah impiannya,” harap Hirwandi. (*)